Puluhan Penjaja Kuliner Indonesia Akan Hadir di Festival Jajanan Bango Jakarta dan Makassar

Sonia Basoni - detikFood Senin, 09 Apr 2018 16:15 WIB
Foto: Bango
Jakarta - Festival makanan tradisional yang sedap kembali digelar. Festival Jajanan Bango, akan suguhkan puluhan kuliner legendaris untuk memuaskan selera.

Tahun ini Festival Jajanan Bango (FJB) yang ke-12 kembali digelar oleh Kecap Bango, PT Unilever Indonesia Tbk. Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, FJB kali ini dirayakan dengan lebih meriah dan semarak.

Baca Juga: Pengusaha Makanan Tradisional Diundang Ikut 'Bango Penerus Warisan Kuliner 2018'

FJB akan hadir di dua kota, yaitu Jakarta dan Makassar. Kali ini PT Unilever Indonesia Tbk berkerja sama dengan Kementrian Pariwisata (Kemenpar), mengajak semua penggemar kuliner di Indonesia untuk mencicipi ragam warisan kuliner nusantara sekaligus untuk mengenalkan kuliner tradisional sebagai daya tarik wisata.
Puluhan Penjaja Kuliner Indonesia Akan Hadir di Festival Jajanan Bango Jakarta dan MakassarFoto: detikFood

"Kuliner di Indonesia memiliki pasar yang sangat besar. Kuliner selalu menempati posisi pertama dalam kontributor ekonomi kreatif yaitu sekitar 32% di tahun 2015, dan naik menjadi 42% di tahun 2017," ungkap Menteri Pariwisata, Arief Yahya kepada detikFood, dalam acara temu media di wilayah Jakarta Pusat (09/04).

Lebih lanjut Arief menuturkan bahwa dengan adanya Festival Jajanan Bango ini bisa menjadi wadah yang bagus, bagi para penggiat kuliner khas Indonesia. Sekaligus sebagai tempat untuk mempromosikan, dan mengenalkan warisan kuliner nusantara yang begitu banyak ragamnya.

"Festival Jajanan Bango ini sangat bagus untuk memperkenalkan serta mempromosikan kuliner Indonesia secara luas. Saya mengusulkan, agar Festival Jajanan Bango menjadi acara tetap yang akan kami masukan ke dalam agenda Kementerian Pariwisata setiap tahunnya," lanjut Arief.
Puluhan Penjaja Kuliner Indonesia Akan Hadir di Festival Jajanan Bango Jakarta dan MakassarFoto: Istimewa
Acara ini juga dihadiri oleh Hernie Raharja selaku Foods Director dari PT Unilever Indonesia Tbk. "Festival Jajanan Bango tahun ini sangat spesial bagi kita, karena tahun ini kita juga merayakan ulang tahun Kecap Bango yang ke-90. Tahun ini para pengunjung akan dimanjakan dengan puluhan hidangan khas Indonesia yang disajikan oleh berbagai penjaja kuliner terkenal, yang berasal dari berbagai daerah di Nusantara," jelas Hernie.

Tidak hanya itu, FJB juga kembali merangkul para wirausaha kuliner generasi baru untuk melanjutkan pelestarian kuliner Indonesia.
Puluhan Penjaja Kuliner Indonesia Akan Hadir di Festival Jajanan Bango Jakarta dan MakassarFoto: Bango
"Kami menyaring lebih dari 7.000 peserta kompetisi kuliner baru untuk mengikuti FJB melalu kompetisi 'Bango Penerus Warisan Kuliner' di bulan Februari lalu. Jadi tidak hanya kuliner legendaris yang sudah terkenal saja, tapi kami juga membuka peluang bagi para penggiat kuliner baru." Pungkas Hernie.

Akan ada 80 penjaja kuliner Indonesia di FJB Jakarta, dan lebih dari 40 kuliner di FJB Makassar. Tidak ketinggalan kuliner legendaris populer, seperti Nasi Goreng Kambing Kebon Sirih, Warung Tongseng dan Sate Pak Budi, serta Maming Daeng Tata.

FJB akan digelar pada tanggal 14-15 April 2018 untuk kota Jakarta yang bertempat di Park & Ride Thamrin 10, Jakarta Pusat. Lalu FJB akan kembali digelar di kota Makassar pada tanggal 5-6 Mei 2018 di Lapangan Karebosi. Dengan harga tiket masuk sebesar Rp. 10.000 sudah termasuk satu produk bango.

[Gambas:Video 20detik]



Baca Juga: 'Rasa Sepanjang Masa' Sukses Manjakan Lidah Melalui 70 Ikon Kuliner Nusantara (sob/odi)