Ada Bakso Sumsum hingga Bakso Nyuknyang Khas Makassar di Festival Bakso

ADVERTISEMENT

Ada Bakso Sumsum hingga Bakso Nyuknyang Khas Makassar di Festival Bakso

Lusiana Mustinda - detikFood
Minggu, 11 Mar 2018 11:40 WIB
Foto: Lusiana Mustinda
Jakarta - Sedang berada di kawasan Bintaro? Mampir saja ke Festival Bakso. Bebas pilih mau bakso apa, ada bakso tulang sumsum, gepeng hingga nyuknyang. Sluurp, mantap!

Festival Bakso yang diadakan sejak tanggal 1-11 Maret ini berlokasi di Living Plaza Bintaro. Ada beberapa jenis bakso yang bisa kamu cicip, seperti Bakso Jembangan Solo, Bakso Gepeng Gading Serpong, Bakso Goreng Gajah (Bagoja), Bakso 2 Nyonya, Bakso Boedjangan, Bakso Malang Cak Kris hingga Bakso Atom.

Antusiasme para pecinta bakso untuk mencicipnya di festival bakso 2018.Antusiasme para pecinta bakso untuk mencicipnya di festival bakso 2018. Foto: Lusiana Mustinda

Tinggal hari ini saja! Jangan sampai lewatkan menikmati bakso dengan paduan tulang sumsum enak. Bakso sumsum dibandrol dengan harga Rp 35.000. Bakso tulang sumsum ini bisa kamu temui di booth Bakso 2 Nyonya yang biasanya hanya bisa ditemui di Jalan Tanjung Duren Utara 4 No. 62, Jakarta Barat.

Baca juga: Bakso Tigan: Ah Sedap! Dingin-dingin Makan Bakso Granat dan Sumsum Berkuah Hangat

Semangkuk bakso tulang sumsum berisi satu buah tulang sumsum ukuran sedang, bihun atau mie kuning dan tiga buah bakso kecil berisi keju atau rawit serta kerupuk pangsit. Citarasa kuah bakso yang satu ini sangat gurih, kaldunya terasa nikmat.

Bakso dengan paduan tulang susmsum dari 2 nyonya.Bakso dengan paduan tulang susmsum dari 2 nyonya. Foto: Lusiana Mustinda

Sebelum menyantap sumsum, sebaiknya sirami dulu dengan kuahnya. Nyam! Tekstur sumsumnya lembut namun agak sedikit kenyal. Baksonya pun memiliki tekstur yang lembut.

Pernah dengan bakso nyuknyang? Kamipun tertarik untuk mencicipnya. Bakso ini merupakan sajian khas Makassar yang penyajiannya memang agak berbeda dengan bakso lainnya. Di Makassar, bakso disebut juga dengan nyuk nyang. Di festival ini, salah satu booth bernama Bakso Ujung Pandang "Khas Makassar" yang biasanya berjualan di kawasan Jatimurni ini patut dicoba.

Bakso nyuknyang khas Makassar.Bakso nyuknyang khas Makassar. Foto: Lusiana Mustinda

Seporsi nyuknyang dibandrol dengan harga Rp 30.000. Isiannya ada bakso polos, urat, bakso kotak hingga bakso goreng. Sebelum ditambahkan kuah bakso, terlebih dulu dicampurkan minyak wijen supaya rasanya makin enak. Yang membedakan dengan bakso lainnya adalah dari sambal dan pelengkapnya.

Nyuknyang disajikan dengan sambal kuning khas Makassar yang dibuat dengan cabai asli daerah tersebut. Diberi perasan jeruk nipis dan disantap dengan buras, rasanya makin nikmat!

Ada Bakso Sumsum hingga Bakso Nyuknyang Khas Makassar di Festival BaksoCwie mie Malang dengan paduan bakso. Foto: Lusiana Mustinda

Dan yang terakhir adalah pilihan lain dari bakso yaitu Cwie Mie Malang yang dibuat oleh Bakso Akhiong. Memesan cwie mie bakso spesial (Rp 40.000), pangsit mie ini disajikan secara unik. Mangkuknya dibuat dari kerupuk pangsit yang dibagian tengahnya cekung. Mienya yang mulur dengan tekstur al dente disajikan dengan pelengkap cincangan daging ayam, selada, acar dan juga dua buah bakso polos.

Jangan lupa nikmati cwie mie dengan campuran kuah kaldu plus sambal. Nyam!

Ayo, bagi pecinta bakso tak ada salahnya untuk mampir ke festival bakso ini. Tinggal hari ini, kamu bisa datang pukul 11 siang hingga 10 malam. Selain bakso, ada juga beberapa penjual makanan populer lainnya seperti Cakwe Master, Toge Goreng, Cincau, hingga Sinar Garut. Yuk, mampir!

Baca juga: Bakso Solo Samrat: Gurih Mantap! Bakso Isi Telur dengan 4 Potong Iga Empuk

(lus/odi)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT