Bakso Solo Samrat: Gurih Mantap! Bakso Isi Telur dengan 4 Potong Iga Empuk

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Senin, 11 Des 2017 17:04 WIB
Foto: dok. detikFood Foto: dok. detikFood
Jakarta - Pencinta bakso wajib mampir ke sini. Ada Bakso Tenis Rusuk dengan isian bakso telur mantap dan potongan iga empuk yang royal.

Sebagai pencinta bakso, kami selalu terbuka pada rekomendasi tempat makan bakso enak. Yang banyak disebut oleh teman-teman kami, salah satunya Bakso Solo Samrat.

Menilik internet, rupanya Bakso Solo Samrat punya beberapa cabang di Jakarta. Termasuk di kawasan Tebet, Karet, Cikajang, Kelapa Gading dan Tanjung Duren.

Bakso Solo Samrat: Gurih Mantap! Bakso Isi Telur dengan 4 Potong Iga EmpukGerai Bakso Solo Samrat di Karet (Foto: dok. detikFood)

Mampir ke gerainya di Karet, lokasi rumah makan ada di pinggir jalan. Tak jauh dari Lotte Shopping Avenue, Anda bisa menemukan Bakso Solo Samrat dengan interior warna kuning dan hijau yang terang.

Rumah makan rupanya dipadati pembeli saat kami mampir di sore hari. Mereka mencicip aneka jenis bakso yang ditawarkan di sini. Mulai dari Bakso Isi Daging, Bakso Puyuh, Bakso Tenis Rusuk, Bakso Biasa dan Bakso Urat.

Bisa juga memilih pangsit dan tetelan sebagai pelengkap bakso. Soal harga, aneka jenis bakso di sini dibanderol mulai dari Rp 32.000 hingga Rp 59.000.

Bakso Solo Samrat: Gurih Mantap! Bakso Isi Telur dengan 4 Potong Iga EmpukDandang Bakso di Bakso Solo Samrat (Foto: dok. detikFood)

Kami tak melewatkan Bakso Tenis Rusuk (Rp 59.000) yang jadi andalan Bakso Samrat Solo. Untuk pelengkap bakso bisa memilih ingin mie kuning, kwetiau atau polos saja. Kali ini kami memilih polos.

Nampak 1 butir bakso tenis ditemani 3 butir bakso kecil dalam sajian Bakso Tenis Rusuk. Tak ketinggalan 4 potong rusuk dan 1 lembar pangsit goreng yang memenuhi mangkuk bakso.

Bakso tenis berisi telur rebus utuh. Sama seperti bakso lainnya di sini, warna bakso tergolong cokelat gelap. Kami menduga karena rumah makan menggunakan lebih banyak daging dalam adonan baksonya.

Kuahnya juga amat istimewa. Hmmm... Wanginya gurih khas daging dengan warna cokelat keruh. Terlihat juga taburan daun bawang dan bawang goreng. Sedikit mengingatkan kami akan kuah Coto Makassar dibanding kuah bakso yang umumnya bening.

Bakso Solo Samrat: Gurih Mantap! Bakso Isi Telur dengan 4 Potong Iga EmpukBakso Tenis Rusuk yang Jadi Andalan Bakso Solo Samrat (Foto: dok. detikFood)

Tekstur baksonya juga amat empuk dengan rasa daging yang 'nendang.' Menurut kami keempukannya pas sehingga bakso enak dilahap. Bagi pencinta bakso tenis, dijamin puas karena bakso dagingnya berpadu enak dengan telur rebus.

Yang istimewa tentu saja potongan rusuk atau iga. Sebelumnya rusuk sudah direbus hingga matang sehingga tinggal ditambahkan pada bakso saat disajikan. Rusuknya begitu empuk, kenyal dan gurih. Benar-benar menambah kenikmatan bakso!

Bakso Urat (Rp 30.000) jadi incaran selanjutnya. Lima butir bakso mungil dengan permukaan kasar berendam dalam kuah kecokelatan. Kali ini kami memadukannya dengan kwetiau putih.

Bakso Solo Samrat: Gurih Mantap! Bakso Isi Telur dengan 4 Potong Iga EmpukPencinta Bakso Urat Bisa Puaskan Selera di Bakso Solo Samrat (Foto: dok. detikFood)

Nyamm! Rasa daging bakso tetap juara. Hanya saja teksturnya lebih kenyal karena pemakaian urat. Cocok untuk pencinta urat.

Oia, soal cita rasa bakso, sebenarnya Anda bisa meraciknya sesuai selera dengan tambahan bumbu yang ada di meja. Mulai dari kecap manis, sambal hingga perasan jeruk nipis. Kalau kami suka menambahkan banyak perasan jeruk nipis agar lebih segar.

Porsi bakso yang besar membuat kami kekenyangan. Apalagi untuk Bakso Tenis Rusuk yang padat isiannya. Tapi kami tak melewatkan Es Pisang Ijo (Rp 25.000).

Bakso Solo Samrat: Gurih Mantap! Bakso Isi Telur dengan 4 Potong Iga EmpukPisang Ijo Buatan Bakso Solo Samrat (Foto: dok. detikFood)

Dalam mangkuk hijau, potongan pisang ijo dilengkapi bongkahan es batu berbentuk bundar, vla dan sirup merah. Pisangnya lembut dan sedikit kesat, namun sayang kulitnya agak keras. Tetapi saat disuap bersama vla dan sirup, pisang ijo begitu nikmat!

Nah, kalau sore mendung ini Anda tertarik makan bakso, Bakso Solo Samrat patut jadi pilihan. Siapkan perut kosong agar nikmat melahap bakso daging ini.

Bakso Solo Samrat
Jl. Prof. Dr. Satrio No. 28, Karet
Telepon: 021 52905834


(adr/adr)