Empuk Juicy Beef Ribs BBQ a la Texas Kini Bisa Dinikmati di Holy Smokes!

Lusiana Mustinda - detikFood Jumat, 10 Jul 2015 14:56 WIB
Foto: Detikfood
Jakarta -

Pernah mencicip ​iga dan daging asap bumbu BBQ​ a la Texas? Datang saja ke Holy Smokes. Tak hanya menyajikan aneka daging yang empuk juicy, tapi juga Anda dapat merasakan pengalaman memesan makanan yang unik. ​Dengan ​self service dan menggunakan pager​, sajian daging lezat bisa asyik dinikmati.​

Setelah berhasil melebarkan sayapnya dengan membuka restoran The Holy Crab, The Holy Crab Shack dan Ramen Santouka, Ersons Food kini membuka usaha terbarunya dengan konsep yang berbeda yaitu Holy Smokes yang berada di jalan Wolter Mongonsidi, Jakarta Selatan.

Ada beberapa macam menu yang menjadi andalannya. Salah satunya adalah Smoky Beef Brisket yang disajikan dalam bentuk irisan daging yang terdiri dari bagian daging yang ramping. Rasanya gurih dengan tekstur yang kenyal dan empuk ​dengan rasa gurih​ khas ​dan aroma wangi asap karena​ dimasak dengan proses pengasapan selama 14 jam.

Selain Smokey Beef Brisket, ada pula Southern Style Beef Ribs, yaitu daging iga sapi yang dimasak dengan proses pengasapan selama 4 jam sehingga tekstur daging​nya​ lembut dengan tingkat kekenyalan yang pas.​ Bumbu yang meresap ke serat daging membuat rasanya gurih enak hingga gigitan terakhir.​

​Y​ang tak kalah spesial ​dan harus dicicipi adalah ​Texas Short Ribs​. Potongan pendek iga sapi atau short ribs ​​yang tebal​ dan ​daging berlapis lemak ​yang diasapi ​terus menerus​ sekitar 6 jam dengan suhu rendah. ​Meskipun ​​d​agingnya​ ​tebal memiliki tekstur yang lembut dan juga juicy.

Saat berkunjung ke sini, Anda harus memesan terlebih dahulu menu di kasir dan ​Anda​ akan diberi pager (alat panggil) serta membayar makanan yang dipesan. Setelah itu, pilih tempat duduk dan tunggu hingga pager berbunyi​ yang menandakan ​makanan yang Anda pesan sudah siap dan dapat mengambilnya di bagian pick up.

Holy Smokes merupakan restoran BBQ a la Texas yang menggunakan metode memasak dengan sistem pengasapan kayu. Dengan tagline "We Smoke 'EM Low 'N' Slow", restoran ini menggunakan teknik memasak dengan suhu rendah dan periode pengapasapan yang lama.​ ​

"Teknik 'smoke low n slow' ​ atau slow cooking ​ini dipilih untuk menghasilkan citarasa dan juga mempertahankan kandungan nutrisinya. Karena kesempurnaan membutuhkan waktu dan kami tidak mengolah daging dengan cara direbus untuk melunakannya karena akan menghilangkan citarasa daging," tutur Chef Albert Wijaya selaku pemilik sekaligus Executive Chef Holy Smokes saat ditemui oleh Detikfood (09/07/15).

Pria yang menekuni bidang Food Science dan Food Culinary di ​Amerika​ ini juga menjelaskan bahwa jenis kayu yang digunakan untuk proses pengasapan adalah kayu ​pohon ​buah-buahan​. Tujuannya ​ ​agar ​asap​nya​ bersih dan harum sehingga aroma serta rasanya meresap ke dalam daging.

Selain ketiga menu ​tadi​, ada juga BBQ Chicken, Pulled Brisket Sandwich, Brisket & Ribs Combo, Chicken & Brisket Combo dan Chicken & Ribs Combo. Untuk menu p​elengkap, ada​ Onion Straw yang renyah gurih, BBQ Chicken Salad, Baked Beans, Coleslaw hingga Homecut Fries yang renyah gurih.

Harga yang dipatok oleh Holy Smokes berkisar antara Rp 88.000 untuk 2 iris Brisket hingga Rp 278.000 untuk 3 potong Southern Style Beef Ribs. Gerai ini akan resmi dibuka pada hari Sabtu (11/07/2015)​. Buka​ setiap hari​ ​pada pukul 11.30 hingga 22.00 WIB. ​Pencinta daging dan beefsteak wajib mampir!​

(lus/odi)