Bakmi Kijin: Bakmi Halal Topping Ati Ampela yang Mantul di Mangga Besar

ADVERTISEMENT

Bakmi Populer Enak

Bakmi Kijin: Bakmi Halal Topping Ati Ampela yang Mantul di Mangga Besar

Yenny Mustika Sari - detikFood
Minggu, 15 Jan 2023 12:02 WIB
Bakmi Kijin
Foto: detikFood/Yenny Mustika Sari
Jakarta -

Di Mangga Besar, Jakarta Barat, ada banyak tempat makan bakmi nonhalal, namun ada juga bakmi halal yang dapat dinikmati. Salah satunya adalah Bakmi Kijin.

Jakarta banyak memiliki kawasan Pecinan yang identik sebagai pusatnya kuliner nonhalal dengan masakan gaya China. Pasti banyak ditemui tempat makan bakmi nonhalal, seperti yang tersebar di Mangga Besar.

Meskipun banyak tempat makan bakmi nonhalal, masih ada juga beberapa penjual yang menyajikan bakmi halal. Seperti penjual bakmi ayam gerobakan bernama Bakmi Kijin. Lokasinya ada di Jalan Mangga Besar VII No. 6.

Bakmi Kijin menempati area depan ruko. Bakmi gerobakan ini bisa dikatakan 'hidden gem' karena tak memiliki banyak ulasan di Google. Hal ini tak seperti tempat makan bakmi populer di Mangga Besar yang memiliki ribuan ulasan.

Bakmi Legendaris Sejak 1978

Bakmi Kijin, bakmi ayam halal di Mangga BesarBakmi Kijin, bakmi ayam halal di Mangga Besar Foto: detikFood/Yenny Mustika Sari

Ternyata Bakmi Kijin adalah salah satu tempat makan bakmi legendaris di Jakarta. Sudah berjualan sejak 1978 atau berusia 45 tahun. Awalnya didirikan oleh Kijin, ayah dari Dedi generasi kedua yang meneruskan usaha bakmi ayam.

Kepada detikFood (10/1), Dedi menjelaskan, "Semenjak tahun 1978. Orang tua saya dulu yang mencetuskan. Dulu lokasinya di Taman Hiburan Rakyat. Lalu, tahun 2004 beliau pensiun, baru diterusin oleh anaknya."

Racikan bakmi yang ditawarkan oleh Dedi adalah khas Bangka. Karena, ia sendiri adalah orang keturunan Chinese-Bangka. Namun, menjual bakmi halal.

Baca Juga: Gurih Mantap! Bakmi Topping Daging Kepiting Bisa Dinikmati di 5 Tempat Ini

Tawarkan 3 Jenis Mie Buatan Sendiri

Bakmi Kijin, bakmi ayam halal di Mangga BesarBakmi Kijin, bakmi ayam halal di Mangga Besar Foto: detikFood/Yenny Mustika Sari

Dedi mengatakan kalau pada awalnya ia hanya menggunakan satu jenis mie saja, yaitu mie keriting kecil. Namun, karena warung bakmi lain di sekitarnya banyak yang menggunakan mie karet dan mie lebar, maka ia juga mulai menawarkannya.

Mie yang ditawarkan Bakmi Kijin ini juga buatan sendiri. Dedi membuatnya sendiri agar kualitasnya terjamin. Ia mengatakan kalau mie buatannya ini tak menggunakan bahan pengawet dan selalu segar diganti setiap harinya.

"Kita bikin untuk dijual. Selalu fresh setiap hari," ujar Dedi.

"Ada 3 macan mie, kalau dulu cuma 1 macam doang bakmi kecil. Sekarang ini saya pikir saingan-saingat depan belakang, mereka pakai bakmi karet gitu ya aku bikin juga," sambungnya.

Baca Juga: Mie Bejo's: Bakmi Ayam Viral Mirip Racikan Resto Terkenal Seharga Rp 16 Ribu



Simak Video "Gratis Bakmi Bangka Jika Bisa Tebak Judul Lagu!"
[Gambas:Video 20detik]

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT