ADVERTISEMENT

Segar Gurih Gado-gado

Gurih Mlekoh! Gado-gado Portal Ibu Mar Langganan Artis hingga Dokter

Andi Annisa Dwi R - detikFood
Sabtu, 02 Jul 2022 13:00 WIB

Sayuran segar dengan balutan bumbu kacang gurih mlekoh

Mengenai isian, Gado-gado Bu Maryani terdiri dari kangkung, kol, toge, dan kacang panjang. Ia juga menambahkan irisan tahu China nan lembut dan tempe goreng yang gurih empuk.

Terakhir, gado-gado disempurnakan dengan kerupuk merah layaknya kerupuk untuk lontong sayur Padang. Menurut Bu Maryani, pemakaian kerupuk ini adalah ciri khasnya sejak pertama berjualan.

"Kerupuk ini banyak yang suka karena kan ada rasa bawangnya," kata Bu Maryani disela-sela meracik gado-gado pesanan yang tak kunjung henti. Ia juga menaburkan banyak bawang merah goreng ke atas gado-gado.

Gurih Mlekoh! Gado-gado Bu Mar yang Jadi Langganan Artis hingga DokterBumbu kacang di sini terasa nikmat karena dibuat dengan campuran kacang mete. Foto: Andi Annisa DR/detikfood

Mencoba buatan Bu Maryani, detikfood mencicipi betapa gurih dan mlekohnya bumbu gado-gado di sini. Rasa manis dan gurihnya seimbang.

Sayuran yang jadi isian gado-gado terlihat bersih dan segar. Semua sayuran ini tak memiliki jeda lama dari direbus hingga disajikan, sehingga terjaga kualitasnya.

Porsi gado-gado harga Rp 50 ribu ini terlihat sangat besar. Bu Maryani menyarankan bisa dibagi 2 bungkus kalau merasa terlalu banyak.

Pembeli tak masalah harga mahal

Harga seporsi gado-gado Bu Maryani terbilang lebih mahal dibanding gado-gado kaki lima lainnya. Meski begitu, banyak pelanggannya tak keberatan.

Mereka juga tak protes atas harga yang relatif tinggi ini. "(Pelanggan) malah pada nyaranin dinaikin aja harganya gitu kalau harga-harga bahan memang naik," kata Bu Maryani.

Dalam sehari ia bisa menjual 100 porsi gado-gado. Dirinya menghabiskan 3-4 kg bumbu kacang hingga 10 ikat kangkung.

Ia mengaku tak mau jual gado-gado murah jika 'mengorbankan' kualitas menunya. "Harga sih biasa naik, (pelanggan bilang) nggak apa-apa yang penting rasanya bumbunya jangan kurang. Sayurannya juga yang bagus," kata Bu Maryani.

Gurih Mlekoh! Gado-gado Bu Mar yang Jadi Langganan Artis hingga DokterBu Maryani mengaku pelanggannya tak masalah dengan harga gado-gado Rp 50 ribu per porsi. Foto: Andi Annisa DR/detikfood

Selama berjualan gado-gado, Bu Maryani mengatakan tak pernah alami tantangan atau kejadian tak mengenakkan yang berarti. Ia bersyukur bisa menyekolahkan anak hingga membeli rumah dari hasil berjualan gado-gado.

Kalau tertarik mampir, Gado-gado Portal Bu Maryanti buka mulai pukul 10 pagi hingga 4 sore, tapi tak jarang tutup lebih awal kalau gado-gado sudah habis. Pengunjung yang tak mau lama antre disarankan memesan lewat telepon lebih dulu.


(adr/odi)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT