Bakso Bening Aryana: Nikmatnya Bakso Urat Rp 15 Ribuan yang Habiskan 8 Kg Daging Sehari

ADVERTISEMENT

Bakso Bening Aryana: Nikmatnya Bakso Urat Rp 15 Ribuan yang Habiskan 8 Kg Daging Sehari

Diah Afrilian - detikFood
Rabu, 20 Apr 2022 12:00 WIB
Bakso Bening Aryana: Nikmatnya Bakso Urat Rp 15 Ribuan yang Habiskan 8 Kg Daging Sehari
Foto: detikcom/Diah Afrilian
Jakarta -

Di Bogor ada banyak bakso kaki lima yang enak-enak. Di salah satu sudut parkiran di kota Bogor, bahkan ada bakso bening terkenal yang mampu habiskan 8 kg daging per hari!

Nikmatnya olahan daging yang dibentuk menjadi bola-bola dengan siraman kuah kaldu yang lezat seolah menjadi comfort food yang tidak bisa dilepaskan dari masyarakat Indonesia. Beragam daerah di Indonesia bahkan memiliki ciri khas bakso sendiri.

Di Bogor, ada bakso bening yang populer sebagai tujuan wisata kuliner. Puluhan pedagang bakso bening bisa ditemukan di Bogor, tetapi ada beberapa yang sudah populer akan kelezatannya.

Bukan tanpa alasan, deretan bakso bening yang populer di Bogor ini dikenal baik dengan adonan baksonya yang meaty atau bahkan kuahnya yang begitu gurih. Di salah satu sudut parkiran area ruko di Jalan Pajajaran ada bakso bening yang populer bahkan hingga menjadi kegemaran para food vlogger yang datang ke Bogor.

Namanya Bakso Bening Aryana yang dijajakan di atas gerobak sederhana dengan menempati bekas pos satpam di salah satu sudut pertokoan di Bogor. Menurut penjualnya, bakso di sini seringkali diburu penggemarnya hingga habiskan 8 kilogram daging sapi per hari.

Baca juga: Mie Ayam Bangka Asan: Gurih Nikmat Mie Ayam Bangka Legendaris di Cipinang

Berkesempatan datang langsung untuk mencicipi bakso bening di sini, detikfood membuktikan kenikmatan bakso yang menjadi kebanggaan warga Bogor ini. Ternyata begini rasa kuah kaldu hingga adonan baksonya.

Kuah Kaldu yang Gurih dan Lembut

Bakso Bening Aryana: Nikmatnya Bakso Urat Rp 15 Ribuan yang Habiskan 8 Kg Daging SehariMenonjolkan rasa alami kaldu sapi, kuah kaldu di Bakso Bening Aryana begitu gurih tetapi lembut. Foto: detikcom/Diah Afrilian

Bakso bening identik dengan kuah yang bening dengan tidak terlalu banyak bumbu tambahan seperti kecap ataupun saus. Pada bakso bening penggunaan bumbu yang sederhana menjadi ciri khas pembedanya dengan bakso Wonogiri maupun bakso-bakso yang lain.

Bakso bening hanya dibumbui dengan garam, penyedap, dan sedikit lada untuk memberi rasa pedasnya. Mengandalkan kaldu yang kuat dari rebusan air kuah, cita rasa gurih yang alami yang ditonjolkan pada kuah bakso bening.

Berbeda dengan bakso bening lainnya, Bakso Bening Aryana yang ada di Bogor ini justru memiliki kuah yang lebih ringan dengan rasa kaldu yang lembut dan tidak terlalu kuat asinnya. Bakso ini cocok untuk kamu yang tidak terlalu doyan makanan asin dan merasa lebih ingin menikmati makanan yang berkuah segar.

Kuah kaldu yang disajikan di Bakso Bening Aryana ini cenderung tidak berlemak sehingga meninggalkan sensasi 'clean' atau bersih tanpa bekas lemak yang tertinggal setelah ditelan. Meski begitu, rasa gurih sapinya tetap tercecap kuat.

Setelah kuah dan baksonya ditelan, ada ada jejak rasa kuah kaldu sapi yang lembut memenuhi seluruh rongga mulut. Detikfood yang saat itu menyambanginya saat waktu berbuka puasa membuktikan bahwa kesegaran kuah kaldu di sini juga nikmat untuk berbuka puasa.

Baca juga: 5 Restoran Asri di Bogor Buat Bukber, Pemandangannya Sawah hingga Sungai!

Kelezatan bakso urat yang meaty di Bakso Bening Aryana ada di halaman selanjutnya.



Simak Video "Bakso Viral di Bogor: Bakso Kering Yamin yang Ludes Diserbu "
[Gambas:Video 20detik]

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT