ADVERTISEMENT

Bakso Gerobakan

Bakso Mas Ipul: Gurih Kenyal Bakso Langganan Anies Baswedan hingga Nagita Slavina

Devi Setya - detikFood
Jumat, 18 Mar 2022 12:00 WIB
Bakso Mas Ipul
Foto: detikFood/Devi S. Lestari
Jakarta -

Semangkuk bakso racikan Mas Ipul ini terbilang lezat. Buktinya, deretan artis hingga pejabat pun kepincut dan bahkan sudah jadi langganan bakso di dekat Labschool Kebayoran ini.

Bakso termasuk makanan yang disukai semua kalangan. Warga biasa, artis, pejabat bahkan presiden pun doyan makan bakso. Salah satunya bakso Mas Ipul di Jakarta.

Pemilik nama lengkap Saiful atau akrab disapa Mas Ipul ini sudah berjualan bakso sejak 2005. Awalnya ia berjualan keliling menggunakan sepeda, kini ia memiliki untuk mangkal. Lokasi jualannya yakni persis di depan sekolah Labschool Kebayoran, Jakarta Selatan.

Bakso Mas IpulBakso Mas Ipul Foto: detikFood/Devi S. Lestari

Semangkuk bakso racikan Mas Ipul ini hampir sama dengan bakso gerobakan pada umumnya. Dilengkapi mie kuning dan bihun, kemudian diberi bakso halus, bakso urat dan tahu. Semuanya diguyur kuah kaldu hangat yang gurih dan harum.

Mas Ipul menjual baksonya ini Rp 14 ribu per mangkok. Sederhana memang, tapi sensasi gurih kenyal bakso ini mampu membuat banyak orang ketagihan.

Langganan bakso Mas Ipul ini tak main-main. Ada deretan artis ternama seperti Intan Nuraini, Marshanda, Paramitha Rusady hingga Nagita Slavina. Tak hanya itu, pejabat sekelas Gubernur Jakarta Anies Baswedan hingga Bambang Soesatyo pun selalu membeli bakso Mas Ipul saat menggelar acara di rumahnya.

Seperti apa istimewanya bakso Mas Ipul? detikfood membuktikannya:

1. Jualan sejak 2005

Mas Ipul yang asli dari Kediri, Jawa Timur ini mulai berjualan bakso sejak awal 2005. Ia berkeliling menggunakan sepedanya membawa bakso dagangannya. Kepada Detikcom (16/3) Mas Ipul mengatakan saat itu ia berkeliling di kawasan Blok M, Jakarta Selatan.

Akhir tahun 2005, Mas Ipul kemudian memilih untuk berjualan mangkal di depan sekolah Labschool Kebayoran Jakarta Selatan. Hingga kini, kurang lebih sudah 17 tahun Mas Ipul berjualan bakso.

"Keliling dulu, pakai sepeda. Alhamdulillah akhir 2005, bulan November dapat tempat di sini," ujar Mas Ipul.

Bakso Mas IpulBakso Mas Ipul Foto: detikFood/Devi S. Lestari

2. Sehari bisa laku 400 porsi

Berbeda dengan penjual bakso lain yang sudah berkeliling sejak siang hari, Mas Ipul justru baru menggelar dagangannya pada sore hari. Sekitar pukul 15.00 WIB ia baru datang dan memarkir sepedanya di dekat restoran Java Dance, persis di depan sekolah Labschool Kebayoran.

Sepeda tuanya ini penuh dengan bahan isian bakso, termasuk juga membawa alat masak dan alat makan. Dari pantauan DetikFood, pembeli sudah banyak menunggu di area ini meskipun Mas Ipul belum datang.

Diakui Mas Ipul, dalam sehari ia membawa 250-300 porsi bakso dalam sepedanya. Selain itu, Mas Ipul juga melayani pemesanan bakso yang biasanya ia racik di rumahnya sejak pagi hingga siang hari.

"Kalau 200-300 (porsi) di sini, kalau sama di rumah bisa 400 lebih. Alhamdulillah pandemi nggak pengaruh, hampir sama aja jumlahnya," ujar mas Ipul.

3. Bakso urat dan bakso halus jadi andalan

Bakso Mas IpulBakso Mas Ipul Foto: detikFood/Devi S. Lestari

Bakso racikan Mas Ipul ini terbilang sederhana. Tapi soal rasa, bisa dibilang juara. Mas Ipul juga memanaskan kuah bakso dengan arang kayu sehingga aromanya semakin harum.

Untuk penggemar bakso urat, Mas Ipul membuat bakso kenyal dengan tekstur bergerenjil namun lembut. Ukuran bakso urat ini terbilang sedang. Rasanya gurih dan kalau beruntung kamu akan menemukan mercon alias cabai rawit utuh di dalamnya.

Sementara bakso halusnya juga tak kalah menggoda, teksturnya kenyal dan termasuk bakso garing. Makin komplet dengan tambahan tahu coklat serta tetelan yang diberikan berlimpah.

Kuah bakso Mas Ipul ini super gurih dengan tipe kuah keruh. Tampaknya Mas Ipul menambahkan banyak bawang putih cincang pada kuah ini saat merebusnya dengan tulang-tulang sapi.


Oiya, jangan lupa santap bakso ini dengan kerupuk pangsit yang tebal namun renyah kriuk. Sambal dan kecap manis juga menjadi pelengkap yang membuat bakso ini makin bikin nagih.

4. Langganan pejabat dan artis

Setiap hari Mas Ipul berjualan mulai pukul 15.00 WIB dan biasanya ia hanya mangkal 2-3 jam karena baksonya langsung ludes diserbu pembeli. Selain membeli porsi kecil, banyak juga yang sekaligus membeli lebih dari 20 porsi.

Langganan bakso Mas Ipul ini bukan hanya kalangan masyarakat sekitar tapi juga para pejabat dan artis. Gubernur Jakarta, Anies Baswedan menjadi salah satu langganannya. Ada juga Bambang Soesatyo yang selalu memesan bakso Mas Ipul saat menggelar acara.

"Saya nggak tau Anies Baswedan gimana caranya bisa pesan bakso saya. Mungkin karena anak-anaknya sekolah di sini, jadi dikenalin sama orang sini," kata Mas Ipul sambil tertawa.

Deretan artis pun ikut menjadi langganan. Mas Ipul bahkan selalu mendapat pesanan ratusan porsi bakso setiap 17 Agustus untuk disajikan di rumah Nagita Slavina dan Raffi Ahmad.

Bakso Mas IpulBakso Mas Ipul Foto: detikFood/Devi S. Lestari

5. Sukses karena jualan bakso

Karena harus melayani ratusan porsi bakso setiap hari, Mas Ipul kini dibantu oleh 3 orang karyawan. Karyawannya membantu melayani pesanan pelanggan, sementara untuk proses pembuatan bakso masih dilakukan oleh Mas Ipul.

Sukses berjualan bakso menjadikan Mas Ipul bisa membuat kedua orang tuanya menginjak tanah suci. "Alhamdulillah, paling bahagia bisa berangkatin ke dua orang tua umroh," kata Mas Ipul.

Selain itu, ia juga berhasil membeli rumah dan beberapa kendaraan dari hasilnya berjualan bakso.

Meskipun sudah laris dan terkenal, Mas Ipul mengaku masih akan tetap berjualan menggunakan sepeda. "Kalau di kios nanti orang takut makan karena disangka mahal. Begini saja," pungkas pria asli Kediri ini.



Simak Video "Misteri Hilangnya Penjual Bakso Keliling di Samarinda yang Bikin Heboh"
[Gambas:Video 20detik]
(dvs/odi)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT