Review UMKM

Little Doha : Sedapnya Shakshouka dan Kare Ayam ala Timur Tengah Ekonomis

Sonia Basoni - detikFood Rabu, 16 Feb 2022 17:00 WIB
Little Doha : Sedapnya Shakshouka dan Kare Ayam ala Timur Tengah Ekonomis Foto: detikFood
Jakarta -

Selama ini hidangan Timur Tengah dikonotasikan sebagai hidangan mahal. Namun di warung makan kaki lima ini, ada aneka hidangan gaya Timur Tengah yang ekonomi.

Berbeda dengan warung makan kaki lima atau angkringan yang menjual makanan tradisional seperti nasi uduk hingga nasi kucing. Kalau di warung makan kaki lima yang satu ini, semua makanan dan minuman memiliki sentuhan Timur Tengah yang biasanya hanya di temukan di restoran-restoran premium.

Letaknya berada di Tebet Barat Dalam Raya No. 9, Jakarta Selatan. Warung makan yang dikenal dengan nama Little Doha ini cukup menarik perhatian, karena hampir semua makanan dan minumannya memiliki harga yang ramah di kantong.

Little Doha sendiri berawal dari usaha rumahan kecil-kecilan yang menjual makanan hingga kudapan khas Timur Tengah secara online, sejak tahun 2020 lalu.

Mulai dari kare ayam dengan roti prata, sajian telur orak-arik ala Timur Tengah yaitu Shakshoukka. Sampai Teh Adeni, yaitu paduan teh susu rempah dari Yaman.

Berikut beberapa menu enak di Little Doha yang menarik untuk dicoba.

Baca Juga: Kebuli Jordan : Semerbak Harum Nasi Kebuli Kambing Asli Yordania" selengkapnya


1. Makanan Timur Tengah Kaki Lima

Little Doha : Sedapnya Shakshouka dan Kare Ayam ala Timur Tengah EkonomisLittle Doha, warung makan Timur Tengah ekonomis. Foto: detikFood

Konsep makanan Timur Tengah dengan gaya kaki lima selain kebab, masih jarang ditemui di Jakarta. Melihat peluang ini Samira Fuad, selaku pemilik Little Doha memutuskan untuk membuka warung kaki lima di daerah Tebet, yang spesial menyajikan hidangan Timur Tengah dengan harga murah meriah.

"Awalnya kita jualan di rumah dari tahun 2020, jualan via online. Seperti sambosa, roti maryam, kemudian menu snack cheese roll atau Cheesy Drip dan masih banyak lagi. Kemudian di bulan Agustus 2021, akhirnya Little Doha membuka versi warung tendanya," ungkap Samira, yang memang memiliki keturunan Timur Tengah di keluarganya.

Samira mengaku bahwa hampir semua menu yang disajikan di Little Doha, merupakan resep keluarga dan resep yang dipelajarinya secara otodidak. Semua bahan makanan yang disajikan tentu saja homemade dan bebas pengawet.

2. Kare Ayam Khas Little Doha

Little Doha : Sedapnya Shakshouka dan Kare Ayam ala Timur Tengah EkonomisLittle Doha : Sedapnya Kare Ayam ala Timur Tengah Ekonomis Foto: detikFood

Buka mulai jam 6 sore hingga dini hari, Little Doha tentunya memiliki beberapa menu unggulan yang jadi teman nongkrong para pelanggan setianya. Seperti menu Kare Ayam (Rp 30.000). Di sini seporsi Kare Ayam disajikan dengan satu potongan ayam (potongan 4).

Pelengkapnya ada roti prata, emping dan acar. Menu Kare Ayam dengan roti prata ini cukup besar dan royal, tekstur roti prata yang tidak terlalu garing dan masih panas, cocok dicocol dengan kuah kare kaya rempah yang tak terlalu kental.

Little Doha : Sedapnya Shakshouka dan Kare Ayam ala Timur Tengah EkonomisKare Ayam ala Timur Tengah Ekonomis Foto: detikFood

"Kare ayamnya itu sudah kita sesuaikan dengan selera orang Indonesia. Tetap pakai santan, pakai rempah seperti jintan, cabe merah besar hingga bawang merah dan bawang putih. Jadi ketika orang makan dengan roti prata itu gurihnya pas, tidak terlalu menyengat di lidah," jelas Samira.

Selanjutnya
Halaman
1 2

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com