Bakso Pak H. Mien: Gurih Mantap! Bakso Rudal Isi Urat hingga Telur Rp 18 Ribu

Diah Afrilian - detikFood Rabu, 26 Jan 2022 17:00 WIB
Jakarta -

Di pinggir kota Bogor ada sebuah warung bakso yang cukup tersohor. Namanya Bakso Pak H. Mien menawarkan tiga jenis bakso rudal sebagai menu andalannya.

Menjadi 'comfort food' orang Indonesia, semangkuk bakso tidak pernah gagal memanjakan selera. Tak ayal jika banyak orang memilih untuk makan bakso saat sedang 'ngidam' seorang diri maupun ketika ingin makan bersama keluarga.

Menemukan tempat makan bakso enak pun tidak sulit. Lokasinya tersebar di berbagai titik dengan skala warung, rumah makan, hingga restoran. Salah satunya ada di Bogor.

Sebuah warung bakso di kawasan Taman Cimanggu, Bogor, menjadi viral karena selalu ramai pembeli. Bernama Bakso dan Mie Ayam Pak H. Mien, seperti apa ya kelezatan menu di sini?

Baca juga: 5 Bakso Viral di Bogor Favorit Artis dan YouTuber, Pernah Coba?

Bakso Rudal yang Menjadi Andalan

Bakso dan Mie Ayam Pak H. MienDari sekian banyak menu di sini, Bakso Rudal Daging yang satu ini menjadi andalan. Isiannya penuh dengan daging cincang. Foto: detikcom/Diah Afrilian

Dari beberapa jenis bakso yang ditawarkan, menu bakso rudal jadi favorit. Bakso rudalnya sendiri terbagi dalam tiga jenis yaitu bakso rudal daging, urat, dan telur.

Saat menyambangi Bakso dan Mie Ayam Pak H. Mien (23/1), detikfood mencicipi seluruh bakso rudal di sini. Pertama ada bakso rudal daging (Rp 18.000,-) yang merupakan menu paling laris. Berukuran setengah dari mangkuk baksonya, bakso rudal dengan isian daging cincang ini benar-benar padat.

Saat dibelah, daging cincang tanpa campuran lemak atau yang lainnya ini bahkan sampai tumpah keluar dari adonan baksonya. Walaupun penuh dengan daging, tetapi bakso rudal berisi daging ini sama sekali tidak alot dan tetap enak dikunyah.

Selain itu ada juga menu bakso rudal urat (Rp 18.000,-) yang rasanya istimewa. Bukan diisi dengan daging cincang, melainkan dicampur dengan cincangan urat sapi yang kenyal.

Adonan yang bercampur dengan urat ini benar-benar menghasilkan tekstur bakso yang kenyal enak. Uratnya memang cukup kenyal, namun tidak membutuhkan tenaga ekstra saat kami mengunyahnya.

Menu bakso rudal selanjutnya adalah bakso rudal telur (Rp 18.000,-). Rasanya begitu spesial! Adonan daging bakso yang lembut menyelimuti telur rebus dengan tidak terlalu tebal dan tidak terlalu tipis.

Telur yang ada di bagian dalamnya juga begitu lembut dan meleleh saat disiram-siram dengan kuah. Walaupun telurnya sudah matang, tetapi ketika bercampur dengan kuah, kuning telurnya leleh hingga membuat kuah menjadi lebih kental dan gurih.

Kenikmatan bakso di sini makin lengkap dengan siraman kuah gurih sedikit berlemak yang berasal dari tetelan yang telah direbus lama. Rasa gurih dari perpaduan kaldu tulang, daging dan tetelan sapi membuat rasa 'daging' terjejak cukup kuat.

Bahkan jika ditambahkan dengan sambalnya yang sangat pedas, rasa gurihnya mampu menyimbangkan pedas cabai rawit merah yang digunakan untuk sambal. Jika ingin sedikit lebih segar kamu juga bisa menambahkan cuka yang sudah disediakan di tiap meja makan.

Baca juga: Kocak! 7 ChatOjol dengan Pelanggan Ini Sukses Bikin Ngakak

Selanjutnya
Halaman
1 2

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com