Laksa Pengharapan: Gurih Nikmat Semangkuk Laksa Tertua di Cibinong Sejak 1951

Diah Afrilian - detikFood
Senin, 13 Des 2021 17:00 WIB
Laksa Pengharapan jadi Laksa Tertua di Cibinong Berusia 70 Tahun
Foto: detikcom/Diah Afrilian
Jakarta -

Kelezatan laksa Bogor sudah tersohor. Salah satunya disajikan oleh Laksa Pengharapan Cibinong yang usianya sudah mencapai 70 tahun!

Hidangan yang begitu terkenal di budaya China, Melayu, dan Indonesia ini memiliki kelezatan yang begitu khas. Laksa merupakan makanan khas yang mudah ditemukan di negara-negara rumpun Melayu.

Di Indonesia, laksa memiliki dua jenis. Ada laksa betawi yang gurih pekat dan laksa Bogor yang kelezatan kaldunya tak ada tandingan. Di Bogor ada beberapa penjual laksa yang terkenal dan begitu legendaris. Salah satunya, Laksa Pengharapan Cibinong.

Berusia lebih dari setengah abad, rumah makan laksa ini begitu tersohor hingga ke beberapa kota di sekitar Bogor. Dijaga keaslian rasanya secara turun temurun, banyak sekali pelanggannya yang rela datang jauh-jauh dari luar kota untuk semangkuk laksa bogor yang gurih hangat. Seperti apa ya kelezatan rasanya?

Laksa yang Sudah Ada Sejak Tahun 1951

Laksa Pengharapan jadi Laksa Tertua di Cibinong Berusia 70 TahunLaksa Pengharapan jadi Laksa Tertua di Cibinong Berusia 70 Tahun Foto: detikcom/Diah Afrilian

Tempat makan laksa yang sederhana ini telah hadir sejak tahun 1951. Kelezatan laksanya diakui oleh para pelanggan tak berubah sejak dahulu hingga sekarang.

Saat disambangi oleh detikfood (12/12), pekerjanya juga mengatakan bahwa kini pemilik sudah berganti secara turun temurun. Dikelola oleh generasi ketiga, keaslian bumbu laksa ini tetap dijaga hingga sekarang dan tidak diubah resepnya sama sekali.

Bukan hanya pemiliknya yang mengelola secara turun temurun, tetapi beberapa kerja di sini juga banyak yang sudah bekerja hingga puluhan tahun lamanya. Mereka berperan dalam menjaga keaslian rasa laksa Bogor yang khas.

Baca juga: Baso Bening Villa Duta: Kenikmatan Bakso Yamin Tanpa Kuah yang Jadi Favorit YouTuber



Simak Video "Ini Laksa Tertua di Bogor yang Gurih Nikmat"
[Gambas:Video 20detik]