Tahu Petis Prasojo, Tahu Goreng Isi Petis Langganan Menteri

Yenny Mustika Sari - detikFood Selasa, 07 Des 2021 16:00 WIB
Tahu Petis Prasojo, Tahu Petis Legendaris di Semarang yang Jadi Langganan Menteri Foto: detikFood/Yenny Mustika Sari
Jakarta -

Salah satu jajanan yang wajib dicoba di Semarang adalah tahu petis. Tahu Petis Prasojo, tahu petis legendaris sejak tahun 1980 yang jual tahu goreng isi petis.

Kota Semarang, Jawa Tengah terkenal dengan kulinernya yang lezat dan beragam. Dari nasi ayam, soto ayam, hingga jajanan tahu bakso dan tahu petis.

Jajanan yang wajib dicoba saat berada di Semarang adalah tahu petis. Jajanan berbahan dasar tahu ini sebenarnya mudah ditemui di pinggiran jalan, karena banyak penjual tahu petis tanpa nama yang tersebar di sekitar Semarang.

Kalau ingin mencoba tahu petis yang istimewa, kamu bisa datang ke gerai Tahu Petis Prasojo. Tempat yang menawarkan tahu petis ini sudah legendaris di Semarang, berdiri sejak tahun 1980.

Eksis Sejak 1980

Tahu Petis Prasojo, Tahu Petis Legendaris di Semarang yang Jadi Langganan MenteriTahu Petis Prasojo, Tahu Petis Legendaris di Semarang yang Jadi Langganan Menteri Foto: detikFood/Yenny Mustika Sari

Penasaran dengan tahu petis yang tersohor di Semarang ini, tim detikFood mengunjungi gerainya yang berlokasi di Pringgading. Gerainya berada di pinggir jalan dengan gerobak berwarna kuning yang mencolok dengan tulisan Tahu Petis Prasojo yang besar.

Kami mengunjungi gerainya sudah pukul 19.00 WIB dan saat itu hanya tersisa tahu petis, rolade goreng, dan tempe mendoan. Kalau saja kami datang lebih sore, pasti semua gorengan masih tersedia. Seperti tape goreng, pisang goreng, tahu susur, dan lunpia.

Ternyata gerai yang kami kunjungi adalah cabang dari Tahu Petis Prasojo Simpang Lima. Gerai yang berada di Pringgading ini dikelola oleh generasi kedua yaitu Didik Saputra.

Tahu Petis Prasojo, Tahu Petis Legendaris di Semarang yang Jadi Langganan MenteriTahu Petis Prasojo, Tahu Petis Legendaris di Semarang yang Jadi Langganan Menteri Foto: detikFood/Yenny Mustika Sari

Baca Juga: Warung Bu Spoed, Bertahan Selama 1 Abad Berkat Resep Turun-Temurun

Kepada detikFood (28/11), Didik Saputra menjelaskan kalau pada tahun 1980 ayahnya yang benama Lilik Windarto berjualan tahu petis di Simpang Lima. Dulu hanya berupa gerobakan hingga menempati salah satu tempat di Pujasera Simpang Lima. Kemudian, Didik Saputra membuka gerai Tahu Petis Prasojo di Pringgading ini pada tahun 2000-an.

"Dulu tahun 1980 itu bapak yang jualan, bapak saya Lilik Windarto. Dulu masih gerobak, terus akhirnya punya tempat di pujasera Simpang Lima," kata Didik Saputra.

"Lalu, saya buka di sini (cabang Pringgading) tahun 2000-an. Baru dua tempat ini," lanjutnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3


Simak Video "Bikin Laper: Mie Kocok Legendaris yang Raos Pisan"
[Gambas:Video 20detik]

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com