Penjualnya Galak, Ayam Goreng Santa Maria di Cirebon Viral

Yenny Mustika Sari - detikFood
Minggu, 05 Des 2021 16:00 WIB
Ayam Goreng Santa Maria; Ayam Goreng Viral di Cirebon yang Penjualnya Galak
Foto: detikFood/Yenny Mustika Sari
Jakarta -

Ayam Goreng Santa Maria jadi tempat makan hits di Cirebon, Jawa Barat. Meski penjualnya terkenal galak, rasa nasi ayam goreng bertabur serundengnya amat nikmat!

Kota Cirebon, Jawa Barat terkenal dengan sajian kuliner tradisional seperti empal gentong dan tahu gejrot. Namun, kini banyak pilihan kuliner lain yang rasanya tak kalah lezat.

Salah satunya ayam goreng serundeng racikan Ari Riyadi. Namanya Ayam Goreng Santa Maria karena lokasi berjualannya tepat di depan SMP Santa Maria di Jalan Panjunan, Cirebon, Jawa Barat.

Awal Mula Viral

Ayam Goreng Santa Maria; Ayam Goreng Viral di Cirebon yang Penjualnya GalakAyam Goreng Santa Maria; Ayam Goreng Viral di Cirebon yang Penjualnya Galak Foto: detikFood/Yenny Mustika Sari

Sudah dua tahun belakangan ini nama Ayam Goreng Santa Maria viral, terutama setelah diliput oleh YouTuber kuliner kondang yaitu Nex Carlos. Videonya bahkan sudah ditonton lebih dari 13 juta kali.

Apalagi penjualnya, Ari Riyadi kerap berlaku galak di dalam video yang ditayangkan oleh Nex Carlos itu. Saat itu Ari Riyadi sempat mengucapkan kalimat dengan intonasi galak, "Diam dulu ya!". Kalimat itulah yang membuatnya populer.

Sejak saat itulah banyak pencinta kuliner dari berbagai daerah yang penasaran dengan rasa Ayam Goreng Santa Maria. Apalagi menurut Nex Carlos rasa ayam goreng itu benar-benar lezat.

Baca Juga: 5 Tempat Makan Legendaris di Depok, Ada Nasi Uduk Sejak 1952!

Penasaran dengan penjualnya yang galak serta kelezatan ayam goreng serundeng itu, tim detikFood berkesempatan makan langsung di Ayam Goreng Santa Maria. Saat kami datang sekitar pukul 15.00 WIB, warungnya sudah hampir tutup.

Sore itu ayam goreng dan aneka satenya sudah hampir ludes terjual. Untungnya kami masih mendapatkan sepotong ayam goreng dengan sate kulitnya yang menjadi primadona.

Berdiri Sejak Tahun 1989

Ayam Goreng Santa Maria; Ayam Goreng Viral di Cirebon yang Penjualnya GalakAyam Goreng Santa Maria; Ayam Goreng Viral di Cirebon yang Penjualnya Galak Foto: detikFood/Yenny Mustika Sari

Tetap dengan intonasi galaknya, Ari Riyadi menceritakan kalau warung ayam goreng ini sudah berdiri sejak tahun 1989 yang saat itu dirintis oleh orang tuanya. Kemudian tahun 1996 diteruskan olehnya dan sang kakak bernama Dani di depan SMP Santa Maria.

"Dulu itu orang tua yang pertama jualan. Bukan di sini, dulu tuh tahun 1989. Baru dilanjutin sama saya dan kakak nih di tahun 1996 terus pindah ke depan SMP Santa Maria ini," kata Ari Riyadi.

"Zaman dulu mah nggak ada namanya, ayam goreng serundeng aja biasa. Pas pindah ke sini biar ngga ribet dikasih nama Ayam Goreng Santa Maria," lanjutnya.

Tempat berjualannya di pinggir jalan. Hanya berupa gerobak sederhana. Kalau pelanggan ingin makan langsung di tempat, telah disediakan kursi plastik yang berada tepat di depan sekolahan.



Simak Video "Nyobain Ayam dan Bebek Goreng Rating Terendah di Aplikasi Online"
[Gambas:Video 20detik]