Nasi Rames Nusantara

Jajan Nasi Rames Telur Bebek Kuah Semur di Warung Belek yang Murah Meriah

Sonia Basoni - detikFood Sabtu, 21 Agu 2021 12:00 WIB
Jakarta -

Warung nasi tersembunyi di wilayah Kuningan ini viral di media sosial. Karena menyajikan nasi rames telur bebek yang disiram kuah semur dengan harga murah.

Buka selama 24 jam, Warung Nasi Belek mungkin tampak sederhana bahkan terkesan jadul jika dibandingkan warung nasi dan tempat makan di sekitarnya. Letaknya cukup 'ngumpet', di belakang area Rasuna, Kuningan, Jakarta Selatan.

Menunya juga tidak banyak, hanya telur dadar bebek yang digoreng garing. Kuah semur daging sapi, semur telur bebek, aneka ikan goreng, tempe tepung, sayur kol dan sambal.

Tapi dibalik menu dan warungnya yang sederhana, terdapat sajian nasi rames unik yang murah meriah dan hanya bisa ditemukan di Warung Nasi Belek.

Berikut berapa menu yang wajib dicoba saat mampir ke Warung Nasi Belek.

Baca Juga: Nasi Anai Galung: Mantap! Nasi Rames Pematang Siantar Halal dengan 20 Lauk

1. Warung Nasi Belek yang Legendaris

Ketagihan Nasi Rames Telur Bebek Kuah Semur di Warung Belek yang Murah AbisKetagihan Nasi Rames Telur Bebek Kuah Semur di Warung Belek yang Murah Abis Foto: detikFood

Menurut Yanto, selaku sang pemilik sekaligus juru masak Warung Nasi Belek, ia pertama kali mulai menggeluti usaha warung nasi ini dari tahun 1980-an. Dulu sebelum membuka warung nasi ini, dia bekerja di warung nasi milik kerabatnya menjadi kasir.

Setelah mendapatkan trik dan cara mengelola warung nasi, Yanto akhirnya membuka Warung Nasi Belek yang letaknya tak jauh dari area kantor elite dan pemukiman penduduk di Kuningan.

"Nama Warung Belek itu diambil dari nama 'betah melek'. Karena warung nasi ini dari awal buka memang 24 jam tak pernah tutup," ungkap Yanto, yang sampai sekarang masih turun langsung untuk membuat telur dadar bebek andalannya.

2. Menu Nasi Telur Bebek yang Terbatas

Ketagihan Nasi Rames Telur Bebek Kuah Semur di Warung Belek yang Murah AbisKetagihan Nasi Rames Telur Bebek Kuah Semur di Warung Belek yang Murah Abis Foto: detikFood

Meski sudah viral dan dikenal banyak orang, tapi Yanto tak pernah mau menyimpan stok telur dadar bebeknya dalam jumlah besar. Dia lebih suka membuat tiga kali jadwal goreng telur bebek.

Gorengan telur dadar bebek pertama biasanya sekitar jam 9 pagi atau jam 10 pagi saat orang sarapan. Kemudian baru Yanto membuat telur dadar bebek di jam 5 sore, dan terakhir di jam 10 malam.

"Sehari itu bisa abis sekitar 200-250 butir telur bebek ya. Untuk setiap kali goreng itu, bisa buat sampai 100 porsi telur dadar," lanjutnya. Telur dadar bebeknya, dicampur dengan tambahan adonan tepung terigu, daun bawang, dan bawang putih halus serta penyedap rasa. Jadi teksturnya lebih krispi dan cepat garing saat digoreng.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com