Nasi Rames Nusantara

Nasi Anai Galung: Mantap! Nasi Rames Pematang Siantar Halal dengan 20 Lauk

Sonia Basoni - detikFood Jumat, 20 Agu 2021 12:00 WIB
FOKUS BERITA Nasi Rames Nusantara
Jakarta -

Nasi galung mungkin tidak sepopuler nasi Padang atau nasi uduk Jakarta. Tapi nasi rames khas Pemantang Siantar ini, menggoda selera dengan lauk berbumbu rempah yang ketagihan.

Bagi penggemar nasi rames, pasti sudah tidak asing dengan nama nasi galung. Hidangan nasi rames khas Pematang Siantar ini merupakan kuliner dari Medan. Konsep makanannya selintas terlihat sama dengan nasi Padang. Tetapi sebenarnya hampir semua lauk dan sayur nasi galung berbeda dengan nasi padang.

Bagi yang penasaran ingin mencicipi kelezatan nasi galung Pematang Siantar di Jakarta bisa mampir ke tempat makan Nasi Anai Galung di Muara Karang. Selama lebih dari 20 tahun, tempat makan ini selalu dipenuhi pengunjung setiap jam makan siang dan jam makan malam.

Terhitung ada sekitar 20 menu yang disajikan setiap harinya di sini. Mulai dari ikan manyung balado, ayam kecap, sampai rendang Medan dengan siraman kuah tauco dan gulai kol kentang khas Pematang Siantar.

Berikut pilihan menu nasi rames halal menarik yang bisa dicoba di Nasi Anai Galung.

Baca Juga: Resep Nasi Langgi Khas Jawa yang Gurih Legit Lauknya

1. Sejak 20 Tahun Lalu

Nasi Anai Galung: Komplet! Nasi Rames Pedas khas Pematang Siantar yang Halal di JakartaNasi Anai Galung: Komplet! Nasi Rames Pedas khas Pematang Siantar yang Halal di Jakarta Foto: detikFood

Letaknya di jalan raya Muara Karang, tak sulit menemukan tempat makan Nasi Anai Galung ini. Di bagian depan tempat makan, terdapat rak kaca besar berisi beragam makanan, dari tumis suun, sambal hingga telur. Antrean panjang terlihat ketika jam makan siang tiba.

"Jadi Nasi Anai Galung ini pertama kali didirikan oleh mertua saya, sekitar 20 tahun yang lalu. Kemudian diteruskan oleh keluarga, tapi sampai sekarang yang masak masih mertua saya langsung," jelas Yanti, salah satu pemilik Nasi Anai Galung kepada detikFood (20/08).

Menurutnya, makanan yang disajikan di Nasi Anai Galung cukup sederhana. Menu yang mereka masak juga tidak sebanyak di rumah makan Padang atau warteg yang jumlahnya di atas 20 masakan.

"Kita setiap hari buka dari jam 8 pagi sampai malam. Orang biasanya mulai ramai itu jelang jam makan siang, atau jam makan malam. Karena lagi PPKM, kita cuma bisa dibungkus aja. Kalau makan di tempat biasanya lauknya kita sajikan terpisah, tapi kalau dibungkus langsung kita rames," sambungnya sambil sigap melayani pesanan pembeli.

2. Nasi Galung khas Pematang Siantar

Nasi Anai Galung: Komplet! Nasi Rames Pedas khas Pematang Siantar yang Halal di JakartaNasi Anai Galung: Komplet! Nasi Rames Pedas khas Pematang Siantar yang Halal di Jakarta Foto: detikFood

Sesuai namanya di sini spesialis nasi galung yang berasal dari wilayah Pematang Siantar yang berjarak 125 km dari Medan. Semua menu yang disajikan halal, dengan tiga lauk utama yaitu ayam, ikan manyung dan daging sapi yang diolah menjadi rendang, balado, gulai, hingga dibumbu kecap.

"Kalau kedai nasi galung yang lain mungkin sudah jarang yang sajikan ikan manyung ini. Jadi ini menu yang paling banyak dicari orang. Ada ikan goreng manyung, balado sampai ikan gulai asam pedas," ungkap Yanti.

Untuk kisaran harganya, memang terbilang premium jika dibandingkan dengan nasi rames lainnya. Untuk nasi galung lengkap dengan sayur, sambal dan lauknya harganya sekitar Rp 44.000. Tapi sesuai dengan porsi nasi rames yang melimpah dan mengenyangkan.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3
FOKUS BERITA Nasi Rames Nusantara
FOKUS BERITA Nasi Rames Nusantara

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com