Bakso Pakde Bewok: Sensasi Makan Bakso 'Comberan' Berkuah Item

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Senin, 27 Jul 2020 17:00 WIB
Bakso Item Pakde Bewok Foto: dok. detikFood
Depok -

Sensasi makan bakso unik bisa ditemui di Bakso Pakde Bewok. Kuahnya hitam seperti 'comberan' dengan topping tulang ayam yang melimpah.

Kreasi bakso unik ada banyak jenisnya. Mulai dari isian penuh cabai yang disebut 'mercon', dipadukan tulang iga besar dengan sebutan 'rusuk setan', hingga bakso raksasa yang beratnya sampai 20 kg!

Bakso unik juga bisa ditemui di Depok, bahkan sudah menarik minat para food vlogger untuk mencicipinya. Namanya Bakso Item Pakde Bewok yang punya ciri khas berkuah hitam. Karena kuahnya mirip air comberan maka sering disebut juga bakso sampah atau bakso comberan.

Bakso Item Pakde BewokBakso Item Pakde Bewok Foto: dok. detikFood

Lokasi Bakso Item Pakde Bewok ada di Jalan Ridwan Rais, tepatnya di perempatan antara Jalan Walet dan Jalan Lengkeng. Jalan menuju lokasi warung bakso ini terbilang kecil, namun kami terbantu dengan peta di internet yang tepat lokasinya.

Saat mampir di akhir pekan, warung bakso ini terlihat ramai pengunjung. Meski tempatnya sederhana dan agak panas, mereka tampak semangat menikmati semangkuk bakso hangat langsung di tempat.

Pilihan bakso di sini ada bakso urat dan bakso kecil. Lalu pelengkapnya tak beda dengan bakso lain yaitu sayuran (sawi dan tauge rebus), bihun, serta mie kuning. Yang membedakan adalah topping ragam tulang ayam.

Bakso Item Pakde BewokBakso Item Pakde Bewok Foto: dok. detikFood

Kalau hanya mau tulang saja, pembeli juga bisa memintanya pada penjual. Seporsi bakso atau tulang ayam dibanderol Rp 15.000 per mangkuk. Porsinya besar melimpah.

Mengintip proses meraciknya, bakso ditambahkan garam dan penyedap rasa sebelum dituangi kuah panas mengepul. Kuah inilah yang bikin istimewa. Warnanya hitam dengan aroma mirip kacang karena dibuat dari keluak.

Saat penjual mengambil tulang ayam sebagai pelengkap, jumlahnya tak main-main. Berbagai potongan tulang ada di dalam panci besar. Mulai dari bagian kerongkongan, ceker, sayap, paha, dan banyak lainnya.

Bakso Item Pakde BewokBakso Item Pakde Bewok Foto: dok. detikFood

Wah, mangkuk seporsi bakso di sini benar-benar penuh! Saking banyaknya tulang ayam, bakso dan pelengkapnya sampai tak terlihat. Lalu untuk kuah hitamnya terlihat keruh dengan jejak titik-titik hitam, serpihan keluak.

Slurpp! Rasa kuah bakso item ala Pakde Bewok tidak segurih kaldu bakso biasa yang warnanya bening. Rasanya unik, seperti ada jejak kacang dengan after-taste pahit. Kami menduga ini karena pemakaian keluak yang banyak.

Angga selaku pengelola Bakso Item Pakde Bewok mengatakan kuah keluak sengaja dibuat oleh Pakde Bewok sejak 1994. Tujuannya agar bakso di sini beda dengan bakso-bakso lain yang sudah lebih dulu hadir.

Bakso Item Pakde BewokBakso Item Pakde Bewok Foto: dok. detikFood

Lalu untuk bakso uratnya berisi ragam tetelan sapi. Tekstur baksonya sangat empuk dengan rasa daging sapi yang kuat. Tak berbeda jauh dengan bakso kecilnya. Hanya saja bakso kecil ukurannya benar-benar mungil.

Tulang-tulang ayam tentu saja tak kami lewatkan. Tulang ini masih menyertakan sedikit daging sehingga enak digerogoti. Lalu untuk membuang sampah tak perlu khawatir, karena warung ini sudah menyiapkan piring kecil untuk menampungnya.

Bakso Item Pakde BewokBakso Item Pakde Bewok Foto: dok. detikFood

Supaya makin kenyang, kami mencoba makan bakso pakai lontong. Harganya Rp 2.000 per buah. Tekstur lontongnya padat dan empuk dengan aroma daun pisang yang harum.

Lontong enak dipadukan dengan bakso, tulang ayam, dan kuah keluak. Nah, agar rasanya makin nendang, kami juga meracik bakso dengan sambal khas Pakde Bewok. Berupa sambal hijau yang rasanya agak pahit, berpadu pas dengan kuah keluak.

Bakso Item Pakde BewokBakso Item Pakde Bewok Foto: dok. detikFood

Angga mengatakan dalam sehari bisa habiskan 10 sampai 20 kg tulang ayam. Lalu untuk bakso menghabiskan 10 kg adonan daging yang dibuat sendiri.

Kalau tertarik mencicipi Bakso Item Pakde Bewok, pastikan datang tak terlalu siang atau sore agar masih kebagian. Selain makan langsung di tempat, kamu juga bisa memesannya via ojek online.

Bakso Item Pakde Bewok
Jl. Ridwan Rais, Beji Depok (Perempatan antara Jalan Walet dan Jalan Lengkeng)
Telepon: 0813 14687594
Buka tiap hari, kecuali Jumat
Dari pukul 10.00 WIB



Simak Video "Uniknya Bakso 'Comberan' Berkuah Hitam"
[Gambas:Video 20detik]
(adr/odi)