Ini Bakso Sumsum Kelapa Muda yang Lagi Hits di Garut

Hakim Ghani - detikFood Senin, 20 Jul 2020 12:00 WIB
bakso tulang sumsum kelapa muda Foto: Hakim Ghani
Garut -

Kabupaten Garut terkenal sebagai salah satu daerah penghasil bakso yang enak. Jika mampir ke Garut, coba menu bakso yang tak biasa ini. Bakso sumsum sapi kelapa muda!

Jika biasanya bakso sapi disajikan dengan mie kuning atau bihun, kemudian ditambah tauge atau sawi hijau. Kadang dilengkapi dengan tahu bakso, pangsit rebus atau pangsit goreng. Tetapi menu bakso dari kabupaten Garut ini sedikit berbeda.

Bakso daging sapi yang dihidangkan dengan mie dan sayuran ini ditambah dengan dengkul sapi yang ukurannya super jumbo. Sumsum yang ada di dalamnya berupa gumpalan putih yang gurih jadi favorit para pembeli untuk diseruput dengan sedotan.

bakso tulang sumsum kelapa mudabakso tulang sumsum kelapa muda Foto: Hakim Ghani

Keunikan menu bakso ini tak hanya itu. Bakso bersama seluruh pelengkapnya dihidangkan di dalam kelapa muda segar . Jadi tempurung kelapa dibuka masih dengan daging kelapa muda di dalamnya. Kemudian bakso dimasukkan ke dalamnya berikut kuahnya. Sementara dengkul sapi disajikan terpisah dengan sedotan.

Proses pembuatan menu bakso baru di Garut ini memakan waktu lama. Karena selain harus merebus tulang sapi selama beberapa jam, pedagang juga harus membuat batok kelapa menyerupai mangkuk untuk wadah bakso.

Bakso balung sapi yang dihidangkan di dalam tempurung kelapa muda ini kini jadi incaran masyarakat di Garut juga wisatawan. Bahkan banyak yang sengaja datang dari jauh untuk mencicipi sensasi kenikmatannya.

"Kalau saya lihat dari Facebook, katanya kalau hari Minggu itu bisa enggak kebagian tempat di sini makanya penasaran. Sekarang saya coba dan ternyata memang enak," kata pengunjung asal Garut Siti Nurazizah.

bakso tulang sumsum kelapa mudabakso tulang sumsum kelapa muda Foto: Hakim Ghani

Jika berkunjung ke Garut, tak ada salahnya bagi wisatawan untuk mencoba menu bakso yang satu ini. Salah satu warung yang menjual bakso tulang sumsum ini adalah Kedai Bakso Ani Cikurantung yang terletak di Kecamatan Pasirwangi.

Lokasinya tak jauh dari objek wisata alam Darajat. Suasana alam yang indah ditambah udara khas pegunungan yang sejuh jadi nilai tambah untuk menikmati bakso di tempat tersebut. Seporsi menu bakso di kedai tersebut dihargai Rp 15.000 - Rp 50.000.

"Hari biasa kebanyakan warga Garut yang datang, kalau weekend biasanya banyak wisatawan. Kalau untuk omzet sendiri alhamdulillah lumayan," ucap pemilik warung bakso, Ani Sulianti



Simak Video "Gokil! Bakso Raksasa Ini Beratnya 25 Kilogram"
[Gambas:Video 20detik]
(dvs/odi)