Mie Uleg Rio: Pedas Mantap! Mie Ayam Komplet dengan Paduan Cabai Ulek

Lusiana Mustinda - detikFood Jumat, 13 Okt 2017 11:01 WIB
Foto: Lusiana Mustinda/detikFood Foto: Lusiana Mustinda/detikFood
Jakarta - Siang ini paling cocok menyantap mie ayam. Mienya yang lembut kenyal makin enak dipadu dengan bakso, pangsit rebus dan ulekan cabai rawit yang pedas. Mantap!

Ingin mencari sesuatu yang pedas, siang hari kami mencari penjual mie ayam di sekitaran Jakarta Timur. Bernama Mie Uleg Rio, kami menemukan racikan mie ayam berbeda yang disajikan dengan ulekan sambal rawit. Tempatnya ada di Jakarta Timur, warung mie ayam ini tak pernah sepi pembeli. Hanya menjual mie ayam, Anda bisa memesan mie ayam dengan paduan bakso kecil, urat dan juga pangsit rebus.

Baca juga: Mie Jamur Vilani: Slruup! Gurih Mantap Mie Ayam Jamur Komplit

Cabai rawit rebus yang bisa dipesan sesuai selera untuk racikan mie ayam.Cabai rawit rebus yang bisa dipesan sesuai selera untuk racikan mie ayam. Foto: Lusiana Mustinda/detikFood

Tharie selaku pegawai mengatakan, mereka membuat semuanya secara homemade. "Mie, pangsit, bakso hingga kerupuk semua kami buat sendiri," ungkapnya kepada detikFood beberapa waktu lalu. Walaupun warungnya tak terlalu besar dan tendaan, tapi kalau soal rasa mie ayamnya juara. Bahkan, warung ini juga memiliki cabang di kawasan komplek Kodam tak jauh dari cabang pertamanya.

Penasaran dengan racikan mie ayamnya, kami pun melihat secara langsung pembuatan mie ayam di gerobak bagian depan. Hmm, aroma rebusan mie khas mie ayam tercium sedap. Bumbu berwarna cokelat dicampurkan dengan cabai yang sudah direbus kemudian diulek hingga halus. Kemudian dicampur dengan mie dan potongan sawi hijau yang sudah direbus.

Racikan mie ayam yang siap diberi topping ayam.Racikan mie ayam yang siap diberi topping ayam. Foto: Lusiana Mustinda/detikFood

Tak menunggu lama, akhirnya seporsi mie ayam bakso pangsit (Rp 20.000) siap tersaji di atas meja. Wow! Terlihat ulekan cabai berwarna oranye bercampur dengan mie ayam. Terkenal dengan rasa pedasnya, menurut Tharie cabai paling banyak yang pernah dipesan itu ada yang 30 cabai.
Bagaimana rasanya? Tentu pedas, karenanya kami hanya memilih sekitar 10 cabai.

Mienya memiliki tekstur yang lembut namun agak kenyal dengan sensasi rasa gurih yang enak. Makin nikmati ditambah dengan sensasi rasa pedas yang bikin makan makin semangat. Toppingnya berupa potongan ayam berbumbu kecokelatan yang diberi cukup royal. Bumbunya meresap hingga ke dalam ayam. Enak!

Mie ayam yang disajikan dengan bakso dan pangsit rebus dengan tambahan kerupuk pangsit.Mie ayam yang disajikan dengan bakso dan pangsit rebus dengan tambahan kerupuk pangsit. Foto: Lusiana Mustinda/detikFood

Pangsit rebusnya sangat lembut dengan isian sedikit tong cai yang gurih. Baksonya juga empuk dan enak dipadu dengan kuah kaldu yang gurih ringan. Semakin lengkap, mie ayam pedas ini dimakan bersama dengan kerupuk pangsit yang gurih. Dijamin bikin kenyang!

Mie Uleg Rio sudah mulai membuka usahanya sejak tahun 2012 ini buka setiap hari kecuali hari Rabu mulai dari jam 7 pagi hingga 5 sore. Yuk, mampir!

Baca juga: Bakmi Ayam Mataram: Nyam! Gurih Kenyal Bakso Jumbo dan Mie Ayam Ceker

Mie Uleg Rio
Jalan Seulawah Raya Blok P No. 1
Cipinang Melayu, Jakarta Timur



[Gambas:Video 20detik]

(lus/odi)