Mie Jamur Vilani: Slruup! Gurih Mantap Mie Ayam Jamur Komplit

- detikFood Senin, 24 Nov 2014 12:00 WIB
Foto: Detikfood
Jakarta - Siang yang mendung paling cocok menyantap mie ayam. Salah satu tempat yang dapat dicoba adalah Mie Jamur Vilani. Semangkuk mie jamur komplit gurih hangat nikmat dipadu dengan lumpia udang yang renyah.

Melewati jalan Margasatwa, Pondok Labu kami melihat sebuah tempat makan yang menarik perhatian. Di papan namanya tertulis 'Mie Jamur Vilani' dengan keterangan dibawahnya "Masakan Kami Tidak Menggunakan Ang Ciu."

Tempat makan ini didominasi warna kuning dan hijau terang. Di depannya ada dekorasi lampu-lampu kecil yang tergantung di atas pintu masuk. Rupanya selain beberapa lokasi di Jakarta, tempat ini juga punya cabang di Bekasi, Tangerang dan Bogor.

Seperti umumnya restoran masakan Tiongkok, Mie Jamur Vilani menawarkan beragam sajian mie mulai dari mie ayam, bihun, yi fu mie hingga kwetiauw. Pilihan nasi, sup, olahan seafood, ayam, sapi dan sayuran juga bisa ditemukan di sini. Ada juga menu Fuyunghai, Pangsit Goreng Cah, Sapo Tahu dan Otak-otak Goreng.

Kami pun memilih camilan pembuka berupa Lumpia Udang (Rp 17.500). Saat disajikan, tercium aroma udang yang gurih menggoda. Isinya 8 potong lumpia berbentuk lonjong panjang berwarna kecokelatan. Tak ada kulit lumpia yang membungkus. Lebih mirip ngohiang.

Tekstur permukaannya kenyal lembut namun agak renyah. Ketika dipotong, asap keluar dari dalam sela-sela lumpia. Empuk sedikit kenyal dengan rasa udang yang kuat.

Cincangan udang begitu lembut dengan jejak bawang putih. Tampaknya udang cincang ini digulung dalam telur dadar tipis kekuningan baru kemudian diberi tepung dan digoreng hingga garing. Tanpa cocolan saus sambal yang disediakan, juga sudah enak.

Mie Ayam Jamur Komplit (Rp 19.000) yang jadi andalan juga memikat. Mie disajikan dalam mangkuk lebar. Berisi mie, irisan jamur kancing, potongan ayam, sawi rebus, satu pangsit goreng, satu pangsit rebus dan satu butir bakso. Mie yang berwarna kuning pucat memiliki bentuk pipih kecil. Terasa lembut dan lentur saat dikunyah.

Jamur dan potongan ayam berbumbu kecokelatan yang jadi topping mie disajikan cukup royal. Rasa kecap manis, bawang putih dan jahe terlacak kuat. Bumbunya meresap hingga ke dalam ayam dan jamur bertekstur renyah itu.

Pangsit rebusnya sendiri cukup lembut dengan sedikit isian cincangan ayam. Sayangnya, bakso agak keras dan pangsit gorengnya kurang garing. Namun mie ayam jamur komplit cukup enak dimakan dengan pelengkap kuah kaldu berwarna cokelat keemasan.

Bagi penyuka sayur, Capcay Goreng (Rp 23.000) patut dicoba. Isinya sawi putih, sawi hijau, bakso ikan lembut, udang berukuran kecil, potongan ayam, irisan otak-otak kenyal, kembang kol dan jagung muda. Hidangan berkuah kental dan sedikit berminyak ini rasanya gurih sedap. Paduan kaldu, bawang putih dan merica melengkapi rasa renyah sayurannya.

Selain makanan, tempat ini juga mempunyai berbagai pilihan minuman. Seperti Cinderella Squash, Fruit Punch, Milk Shake Cappuccino, atau Yoghurt Melon. Yuk mampir!

Mie Jamur Vilani
Jl. Margasatwa Raya No.15
Pondok Labu
Jakarta Selatan
Telp: 021-75921368
Jam buka: 09.00 - 21.00

Jl. Cipete No.65B
Cipete
Jakarta Selatan
Telp: 021-7502832

Jl. Jatikramat Raya No. 99A
Jatiasih
Bekasi
Telp: 021-84976033

(msa/odi)