Kalau Rajin Sarapan Telur, Si Kecil Bisa Lebih Pintar dan Sehat

Lusiana Mustinda - detikFood Jumat, 18 Jan 2019 09:30 WIB
Foto: iStock Foto: iStock
Jakarta - Di masa pertumbuhan anak-anak tak boleh lewatkan sarapan. Bukan sembarang sarapan, makanan yang dipilih juga harus sehat.

Telur menjadi salah satu bahan makanan yang mudah didapatkan dan mengandung zat gizi yang tinggi. Cara mengolahnya juga sangat praktis. Sehingga tak ada salahnya kalau si kecil menikmati sarapan enak dengan bahan dasar telur.

Menikmati telur juga dapat memberikan energi yang dibutuhkan si kecil untuk tingkatkan konsentrasi. Berikut ini 5 manfaat yang bisa si kecil dapatkan dari rajin konsumsi telur.

1. Otak yang sehat

Kalau Rajin Sarapan Telur, Si Kecil Bisa Lebih Pintar dan SehatFoto: iStock

Penelitian telah menunjukkan bahwa wanita hamil dan menyusui yang konsumsi telur dapat memenuhi kebutuhan kolin anak. Kolin yang terkandung dalam telur dapat membantu optimalkan fungsi otak untuk memudahkan si kecil fokus belajar dan tingkatkan memori.

Wanita hamil lebih memerlikan kolin. Salah satu penelitian University of Toronto menunjukkan bahwa 87 persen dari wanita tersebut masih mengonsumsi kurang dari jumlah yang disarankan.

Selain ibu hamil, anak-anak juga membutuhkan kolin dan DHA serta asam lemak omega 3. Keduanya merupakan nutrisi yang sangat penting bagi kesehatan dan perkembangan otak. Baik kolin dan DHA terdapat pada kuning telur.

Sebuah studi baru dari Washington University menunjukkan bahwa memberi anak satu butir telur per hari selama 6 bulan dapat secara signifikan meningkatkan fungsi otak.

Baca juga: Konsumsi Telur Satu Butir Per Hari Bisa Bikin Anak Lebih Cerdas!

2. Pertumbuhan yang sehat

Kalau Rajin Sarapan Telur, Si Kecil Bisa Lebih Pintar dan SehatFoto: iStock

Dua penelitian telah menunjukkan peran yang didapat dari telur untuk mengatur dan mempertahankan berat badan anak. Satu studi menemukan bahwa anak-anak yang sarapan berbasis telur akan mengonsumsi makan siang dengan kalori yang lebih rendah.

Studi lain menemukan bahwa rasa lapar berkurang secara keseluruhan ketika anak-anak menikmati sarapan berbasis telur. Hal ini dikarenakan telur mengandung protein yang tinggi. Sarapan dapat meningkatkan kepenuhan anak-anak sebesar 32 persen, mengurangi rasa lapar sebesar 14 persen dan keinginan untuk makan sebesar 30 persen dibandingkan dengan makananyang mengandung tinggi karbohidrat.

3. Bebas gula dan lemak seimbang

Kalau Rajin Sarapan Telur, Si Kecil Bisa Lebih Pintar dan SehatFoto: iStock

Banyak anak-anak yang gemar konsumsi gula dalam makanannya. Telur menjadi makanan sehat yang bebas gula namun tinggi akan vitamin dan nutrisi. Selain itu telur juga mengandung lemak jenuh dan tak jenuh yang seimbang. Telur dapat memberikan rasa kenyang lebih lama sehingga mencegah obesitas.

4. Kandungan nutrisi yang lengkap

Kalau Rajin Sarapan Telur, Si Kecil Bisa Lebih Pintar dan SehatFoto: iStock

Telur bisa dikatakan memiliki kandungan gizi yang lengkap. Telur merupakan sumber zat besi yang sangat baik dan merupakan sumber protein, lemak, vitamin A,D,E dan B12 hingga kolin. Rutin mengonsumsi telur, anak-anak pun dapat tumbuh cerdas, sehat dan kuat.

5. Olahan telur untuk sarapan

Kalau Rajin Sarapan Telur, Si Kecil Bisa Lebih Pintar dan SehatFoto: iStock

Sarapan sebelum si kecil berangkat ke sekolah memang tak perlu repot. Telur menjadi salah satu pilihan bahan makanan yang mudah diolah. Telur bisa dinikmati dengan roti atau pun nasi. Bisa juga diolah menjadi campuran nasi goreng hingga dibuat omelet dengan campuran potongan sayuran. Lengkapi nutrisi si kecil dengan menikmati segelas susu.

Baca juga: Anak Perlu Makan Telur Tiap Hari Karena 10 Khasiat Sehatnya (lus/adr)