Anak Perlu Makan Telur Tiap Hari Karena 10 Khasiat Sehatnya

Odilia Winneke Setiawati - detikFood Senin, 23 Okt 2017 18:42 WIB
Foto: Istimewa Foto: Istimewa
Jakarta - Telur mudah diolah dan kaya nutrisi. Rasanya gurih lembut dan disukai anak-anak. Karena khasiat sehatnya telur perlu diberikan tiap hari.

Banyak anak menyukai telur ayam. Sebenarnya berapa banyak telur bisa diberikan tiap hari? Tak ada batasan jumlah yang sebaiknya dikonsumsi tiap hari atau minggu. Tetapi umumnya 4 butir telur per minggu dianggap ideal untuk anak.

Karena kandungan lemaknya konsumsi tetap perlu dibatasi. Yang terbaik buat anak, pemberian telur dan bahan makanan lain dalam kombinasi agar asupan nutrisinya maksimal.

Dilansir dari berbagai sumber, berikut ini 10 manfaat sehat telur untuk anak-anak.

Anak Perlu Makan Telur Tiap Hari Karena 10 Khasiat SehatnyaFoto: Istimewa

1. Protein lengkap
Telur merupakan makanan lengkap protein. Setiap butir mengandung 6 g protein per sajian. Protein dibutuhkan untuk membangun sel-sel tubuh baru, regenerasi sel. Telur membantu anak tumbuh besar dan kuat. Pastikan memberi anak 1 butir telur tiap hari dan And atak perlu lagi memberikan suplemen.

2. Mengandung lutein dan zeaxanthin
Kedua nutrisi ini dimiliki telur dan sangat baik untuk kesehatan mata. Membuat penglohatan tajam dan mengurangi degenerasi makular dan juga menjaga kesehatan retina.

3. Mengandung choline
Choline membantu membangun membran sel. Nutrisi ini juga penting untuk otak. Bertanggungjawab untuk molekul otak yang memberi sinyal syaraf. Satu butir telur mengandung 100 mcg choline.

Anak Perlu Makan Telur Tiap Hari Karena 10 Khasiat SehatnyaFoto: Istimewa

4. Mengandung omega 3
Omega 3 merupakan lemak sehat yang umumnya terdapat dalam ikan. Zat ini diperlukan untuk perkembangan awal otak dan memori kognitif. Rutin konsumsi telur bisa mencegah arthitis dan penyakit jantung saat anak dewasa nanti.

5. Mengandung vitamin D
Telur merupakan sumber vitamin D yang bagus yang penting untuk kesehatan tulang. Telur satu-satunya makanan yang mengandung vitamin D.

Anak Perlu Makan Telur Tiap Hari Karena 10 Khasiat SehatnyaFoto: iStock

6. Membantu pertumbuhan rambut dan kuku
Telur mengandung 9 asam amino esensial yang membentu pertumbuhan kuku dan rambut pada anak.

7. Mengandung lemak lengkap yang seimbang
Telur mengandung lemak jenuh dan tak jenuh yang seimbang. Telur memberi rasa kenyang lebih lama sehingga bisa cegah obesitas. Sebaiknya berikan dalam bentuk telur rebus dan bukan telur goreng.

8.Mengandung kolesterol minimal
Telur memiliki kolesterol paling sedikit. Konsumsi telur bisa menaikkan HDL atau kolesterol baik. Sebaiknya berikan telur yang direbus atau dikukus dan bukan digoreng.Sehingga anak terhindar dari asupan lemak berlebihan.

9. Mengandung vitamin B12
Telur kaya akan vitamin B12 yang sangat baik untuk kesehatan syaraf. Vitamin ini disebut juga cobalamin yang penting untuk perkembangan otak dan sistem syaraf.

10. Mengandung asam folat
Vitamin yang larut dalam air sangat baik untuk kesehatan syaraf anak. Kekurangan folat bisa sebabkan kerusakan syaraf. (msa/odi)