Konsumsi Telur Satu Butir Per Hari Bisa Bikin Anak Lebih Cerdas!

Lusiana Mustinda - detikFood Rabu, 27 Des 2017 14:00 WIB
Foto: iStock Foto: iStock
Jakarta - Telur mengandung omega 3 yang sangat baik untuk pertumbuhan otak. Tapi, benarkah rutin konsumsi satu butir telur per hari bisa bikin anak makin cerdas?

Sebuah studi baru dari Washington University menunjukkan bahwa memberi anak satu butir telur per hari selama 6 bulan dapat secara signifikan meningkatkan fungsi otak. Telur mengandung kolin dan DHA, asam lemak omega 3. Keduanya merupakan nutrisi yang sangat penting bagi kesehatan dan perkembangan otak. Baik kolin dan DHA terdapat pada kuning telur.

Baca juga: Satu Butir Telur Per Hari Bisa Bantu Optimalkan Pertumbuhan Anak

Konsumsi Telur Satu Butir Per Hari Bisa Bikin Anak Lebih Cerdas!Foto: iStock

Menurut penelitian sebelumnya, memberikan si kecil telur sejak dini dapat memperbaiki pola pertumbuhan secara keseluruhan. Termasuk mencegah stunting. Jadi sangat jelas, telur mengandung nutrisi penting bagi perkembangan dan pertumbuhan si kecil. Studi lanjutan ini menegaskan bahwa telur yang tinggi akan nutrisi sangat baik untuk kesehatan tubuh dan juga otak.

Dikutip dalam, The Daily Meal (22/12), penelitian tentang telur ini diikuti oleh 163 anak selama beberapa tahun. Sekitar setengahnya, anak tersebut makan telur setiap hari, sementara separuh lainnya tidak makan telur apapun. Makanan mereka dinyatakan normal dan bergizi.

Test darah menunjukkan bahwa anak yang telah makan telur memiliki kadar kolin dan DHA lebih tinggi secara signifikan. Karena nutrisi ini memainkan peran penting dalam pengembangan fungsi otak, penelitian ini membuat orang tua perlu mempertimbangkan untuk memasukkan lebih banyak telur ke dalam makanan si kecil.

Konsumsi Telur Satu Butir Per Hari Bisa Bikin Anak Lebih Cerdas!Foto: iStock

"Telur menyediakan asam lemak esensial, protein, kolin, vitamin A dan B12, selenium dan nutrisi penting lainnya yang setara dengan produk makanan hewani lain, namun harganya relatif terjangkau," tutur penulis utama studi, Lora Iannotti.

Walaupun begitu, telur bukan satu-satunya makanan yang berpotensi meningkatkan kesehatan otak. Sayur, buah, daging hingga ikan juga dapat mendukung kesehatan otak si kecil.

Baca juga: Berapa Butir Telur Sebaiknya Dikonsumsi Setiap Hari? (lus/lus)