Takut Si Kecil Alergi? Perkenalkan Ikan dan Telur dengan 5 Cara Aman Ini!

Lusiana Mustinda - detikFood Senin, 28 Agu 2017 17:34 WIB
Foto: Thinkstock Foto: Thinkstock
Jakarta - Apakah keluarga Anda memiliki riwayat alergi makanan tertentu? Cobalah beberapa cara pemberian ikan ini. Karena kacang dan ikan bisa saja picu alergi.

Jika keluarga ada yang memiliki riwayat alergi terhadap makanan, tentu bisa saja akan berisiko pada si kecil. Beberapa bahan makanan yang disebut-sebut berisiko tinggi alergi ada pada ikan, telur hingga kacang-kacangan. Dikutip dari Star2 (24/08) Anda bisa melihat si kecil alergi atau tidak dengan cara aman ini.

Baca Juga: Alergi Makanan di Masa Kecil Bisa Sebabkan Anak Alami Kecemasan di Saat Remaja

Takut Si Kecil Alergi? Perkenalkan Ikan dan Telur dengan 5 Cara Aman Ini!Foto: iStock


1. Pengenalan makanan alergik

Percobaan awal tentang alergi kacang tanah Learning Early about Peanut Allergy (LEAP) merupakan percobaan acak pertama yang menunjukkan manfaat pengenalan alergen makanan utama. Percobaan tersebut mengungkapkan bahwa pengenalan awal kacang-kacangan yang dilakukan pada usia 11 bulan dikaitkan dengan penurunan risiko pengembangan alergi kecang tanah.

Penulis penelitian juga merekomendasikan untuk memperpanjang pemaparan dengan kacang tanah untuk menjaga toleransi jangka panjang.

2. Waktu teraman untuk pengenalan
Jika anak tidak terpengaruh oleh jenis alergi atau penyakit atopik, Anda bisa mulai makan dengan pure kacang dengan menambahkan air panas atau susu hangat dengan dua sendok teh kacang dan aduk rata pada saat bersamaan, Andapun juga bisa mengenalkan makanan padat. Hal ini bisa dilakukan ketika si kecil sudah bisa menikmati makanan padat.

Selain itu, Anda juga harus sering memberikan anak makanan sehat dengan tekstur, aroma dan rasa yang berbeda. Jika si kecil mengalami eksema atau tanda-tanda alergi, Anda bisa tetap dapat mengenalkan makanan seperti bubur kacang setelah diberikan makanan padat atau mengkonsultasikannya dengan dokter.

Takut Si Kecil Alergi? Perkenalkan Ikan dan Telur dengan 5 Cara Aman Ini!Foto: Thinkstock

3. Mulailah di rumah
Bila Anda mengenalkan makanan dengan alergi, Anda bisa memberikannya tapi terlebih dulu lihat reaksinya. Mulailah dengan memberi sedikit makanan, jika anak tidak menunjukkan tanda-tanda reaksi alergi, Anda bisa menikmatkan jumlahnya secara bertahap. Anda bisa mengenalkan satu makanan baru setiap tiga sampai lima hari.

4. Berikan satu jenis makanan dulu
Tidak masalah makanan mana yang akan terlebih dahulu Anda berikan pada si kecil. Tetapi untuk anak dengan riwayat alergi pada keluarga dan yang belum pernah mengalami reaksi alergi terhadap makanan sebelumnya, mulailah dengan satu jenis bahan makanan atau single ingridient foods (SIF) sebelum memberikan obat anti alergi.

Contoh SIF termasuk beras, sereal gandung, sayuran seperti ubi, kentang dan wortel, sayuran hhijau dan buah-buahan seperti apel, pir dan pisang. Pastikan mengolah makanan padat sampai halus sebelum disajikan pada si kecil. Tekstur dan bentuk makanan yang Anda berikan harus sesuai dengan usia perkembangan si kecil.

Takut Si Kecil Alergi? Perkenalkan Ikan dan Telur dengan 5 Cara Aman Ini!Foto: iStock

5. Dua makanan ini sering picu alergi
Penyebab alergi pada anak bisa berasal dari dua hal, yaitu zat yang dimakan dan zat yang terhirup. Kalau asalnya dari makanan, salah satu penyebab yang paling sering adalah dari susu sapi. Angka kejadian alergi susu sapi di seluruh dunia berkisar antara 10-40 persen. Selain susu sapi, telur juga disebut sebagai bahan makanan yang kerap memicu alergi pada pada anak.

Baca Juga: Kantin Tak Gubris Info Alergi, Bocah Ini Tewas Usai Makan Ikan di Kantin Sekolah

(adr/odi)
Load Komentar ...