ADVERTISEMENT

Berikan Ikan, Telur dan Sayuran pada si Kecil yang Sedang Belajar Makan

Lusiana Mustinda - detikFood
Selasa, 19 Apr 2016 10:38 WIB
Foto: Thinkstock
Jakarta - Di tahun pertama, asupan makan si kecil perlu dicermati. Di masa pertumbuhan dan perkembangan optimalnya, ikan salmon dan telur sangat baik untuk si kecil.

Sejak diperkenalkan dengan makanan padat, anak​ juga perlu diperkenalkan dengan beragam bumbu dan variasi makanan. Sehingga pengetahuan mengenai makanan untuk si kecil perlu diketahui ibu di tahun pertama. Nutrisi yang baik dapat memberikan anak tumbuh sehat secara optimal.

Nutrisi yang baik dan seimbang juga dapat memberikan energi untuk bermain, bergerak dan belajar memahami hal-hal disekelilingnya. Berikut ini ada beberapa bahan makanan sehat yang bisa Anda berikan pada si kecil dan wajib ada dalam makanan sehari-harinya.

1. Ikan

Asam lemak omega 3 yang terkandung dalam ikan laut sangat berpengaruh pada perkembangan kognitif bayi. Senyawa ini merupakan elemen yang terbaik dan banyak terdapat pada ikan salmon.

Asam lemak omega 3 juga sangat penting untuk mata dan juga otak yang digunakan untuk menyimpan memori, belajar dan penalaran. Jika di dalam tubuh kandungannya tidak tercukupi maka fungsi-fungsi tersebut dapat terganggu.

Untuk memberikan ikan pada si kecil, Anda dapat memfillet daging ikan atau dihaluskan dan dipipihkan dengan tepung agar lebih mudah dikonsumsi. Dalam seminggu, setidaknya si kecil perlu konsumsi satu kali ikan laut dan setiap harinya boleh mengganti lauk ikan dengan ayam, telur hingga daging sapi.

2. Telur
Telur dapat menjadi salah satu makanan anak yang sehat. Dalam satu butir telur mengandung jumlah protein tinggi, zat besi, mineral dan vitamin B. Dan jangan lupa biasakan konsumsi gizi seimbang. 

Pengolahan telur untuk si kecil tidaklah sulit. Anda hanya cukup mencampurkan telur orak-arik dengan potongan sayuran sehingga makanan yang diberikan pada si kecil padat nutrisi.

3. Sayuran


Sayuran menjadi salah satu bahan makanan yang tinggi akan serat, vitamin, mineral dan juga tinggi akan antioksidan. Bayam, kentang, wortel, brokoli serta lobak baik diberikan untuk anak-anak yang baru saja mulai belajar makanan padat. Untuk anak-anak yang baru mulai tumbuh gigi, Anda dapat memblender kasar sayuran. Sedangkan untuk anak-anak yang sudah berusia satu tahun boleh diberikan potongan yang agak besar tapi tetap dimasak empuk. 

4. Kacang
Kacang-kacangan mengandung serat dan juga protein. Menurut penelitian yang dilakukan oleh University of Houston, mengungkapkan bahwa anak-anak yang ngemil kacang memiliki risiko lebih rendah terhadap kelebihan berat badan atau obesitas. Anda dapat memperkenalkan kacang-kacangan seperti kacang tanah dengan memberikan sedikit selai kacang pada sajian roti mereka. 

5. Bawang merah dan bawang putih
Kedua bumbu ini bisa membantu tingkatkan rasa pada makanan. Dengan mencampurkan bawang merah dan juga bawang putih kedalam makanan sebelum berusia satu tahun akan membantu anak mengenal berbagai rasa bumbu.

(adr/odi)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT