Si Kecil Rewel Makan? Atasi dengan 6 Cara Praktis Ini

Lusiana Mustinda - detikFood Senin, 21 Mar 2016 18:03 WIB
Foto: Thinkstock
Jakarta - Anak-anak rewel atau sedang tak nafsu makan? Anda perlu memutar otak untuk mencari cara. Aneka penyajian yang berbeda dengan rasa enak bisa​ memikat selera​ makan anak.

Dimasa pertumbuhannya, anak sering menolak untuk konsumsi makanan sehat. Padahal makanan yang bergizi sangat penting untuk menunjang kecerdasan otaknya. ​A​da ​beberapa ​cara yang bisa Anda lakukan untuk membuat si kecil lahap makan seperti yang di​rekomendasikan oleh ​Boldsky (21/03):

1. Selai
Balita biasanya sangat menyukai proses pengolesan roti. Agar waktu makan lebih menyenangkan, Anda bisa memberikannya pisau mentega plastik. Berikan pilihan selai kesukaan mereka seperti selai kacang, selai buah, cokelat ataupun keju diatas biskuit atau roti.

Foto: Thinkstock

2. Mencelup
Jika anak tak menyukai sayuran atau buah, Anda bisa ajarkan cara menikmati makanan dengan saus. Keju, yoghurt, guacemole hingga mayonnaise bisa dijadikan sebagai cocolan sayuran. Sedangkan saus cokelat bisa dibuat sebagai cocolan potongan buah segar.

3. Buat makanan kesukaannya
Anak-anak akan sangat rewel ketika mereka makan dan ini menjadi hal yang wajar untuk anak terutama batita hingga balita. Salah satu strategi yang baik adalah memberikan pilihan makanan enak. Membuat nasi goreng dengan cincangan sayuran plus bakso atau membuat nugget ayam sayuran bisa Anda pilih.

Kedua makanan ini terlihat tak sehat, tapi ketika Anda mengolahnya sendiri maka n​utrisinya lebih terjaga​. Nasi goreng dengan campuran telur mata sapi, cincangan sayuran dan bakso bisa memberikan anak energi, protein dan juga serat untuk memulai aktifitasnya setiap hari.



4. Porsi kecil
Jika si kecil tak pernah menghabiskan porsi makan hal ini bisa dipengaruhi oleh besarnya porsi. Cara terbaik adalah memperkenalkan makanan dengan porsi kecil tapi sering. Ada juga beberapa anak yang sering bosan dengan makanannya sehingga untuk anak dengan masalah ini tidak dianjurkan memberikan porsi besar sekaligus.

5. Buat smoothies
Minuman dari buah yang manis ini memang menyehatkan, asalkan dibuat sendiri dengan bahan alami. Buah pisang dan strawberry bisa Anda campurkan ke dalam smoothies. Untuk menambah kalsium, Anda juga bisa mencampurkan susu ataupun yoghurt ke dalamnya. Selain warnanya yang cantik, rasanya juga pasti disukai anak-anak.



6. Libatkan anak
Melibatkan anak saat menyiapkan makanan tentu bisa jadi hal positif. Selain melatih kemandirian, Anak juga sekaligus dapat diajarkan manfaat dari makanan yang sedang ia buat. Pastikan semua bahan aman untuk anak dan jangan membuat makanan yang terlampau susah.

(lus/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com