4 Cara Ini Bisa Membantu Anak Menjalin Hubungan Positif dengan Makanan

Lusiana Mustinda - detikFood Senin, 01 Feb 2016 14:12 WIB
Foto: Thinkstock
Jakarta - Pemahaman anak akan makanan yang baik akan menunjang kesehatannya. Bagaimana cara agar anak bisa punya anggapan positif pada makanan?​

​Pada usia​ 2 hingga 3 tahun, anak-anak sudah mulai menjadi 'pemilih'. Mereka hanya memilih makanan yang mereka suka saja, kebanyakan junk food hingga camilan manis (cokelat dan permen). Padahal sejak kecil, anak perlu diajarkan konsumsi makanan sehat agar otaknya tumbuh cerdas dan tubuhnya lebih kuat. 4 cara ini bisa membantu anak memiliki hubungan positif terhadap makanan.

Foto: Thinkstock

1. Berikan pilihan, bukan aturan
"Makan ini, jangan makan yang itu." Tidak bekerja dengan baik untuk anak. Anda perlu melakukan pendekatan dengan memberikan pilihan. "Cobalah dua smo​o​thies ini dan katakan apa yang si kecil rasakan?.” Dengan cara ini kita membiarkan anak untuk berpikir sendiri tentang apa yang harus ia makan. Kata-kata "mencoba" dan "pilihan" membuka hubungan keingin tahuan anak tentang makanan.

Foto: Thinkstock

2. Mendidik
Setiap orang tua menginginkan agar anak-anak mengetahui perbedaan antara makanan berkualitas tinggi dan makanan yang diproses dengan tambahan pengawet. Selain itu, dampak negatif dari konsumsi makanan tidak sehat juga boleh Anda paparkan. Cara mudah untuk mengajarkan anak adalah dengan mengajak mereka ke peternakan atau pasar. Anda pun juga bisa menunjukkan video bagaimana makanan diproses.

Informasi yang kita berikan tidak sepenuhnya dapat langsung ditangkap. Akan tetapi sedikit-sedikit mereka bisa mulai belajar dan mengingat sehingga muncul kesadaran diri sendiri untuk mengonsumsi makanan yang lebih sehat dari pembelajaran yang sudah dilewatinya.

Foto: Thinkstock

3. Jangan membatasi
Membatasi anak-anak dalam menikmati makanan tertentu tentu hanya akan membuatnya kesal. Buatlah menu yang ia sukda menjadi lebih 'menyenangkan' dengan bentuk yang unik sehingga anak-anak akan lebih tertarik. Buah-buahan dan juga sayuran berwarna-warni dengan cetakan bentuk menarik bisa di tiru. Jika anak menyukai makanan seperti pasta atau sandwich, Anda juga dapat berkreasi dengan menambahkan cincangan sayur ke dalam saus atau dengan bentuk yang berbeda.

Foto: Thinkstock

4. Jadilah contoh
Buat positif, sehat dan bahagia hubungan Anda sendiri dengan makanan dan tubuh. Anak-anak banyak belajar dari orangtua mereka. Kebiasaan makan Anda dan bagaimana Anda mencintai tubuh Anda adalah cerita gizi yang jauh lebih kuat daripada apa yang bisa Anda ajari pada anak-anak.

(lus/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com