Si Kecil Rewel Saat Sarapan? 5 Makanan Ini Bisa Jadi Pilihan Menu Si Kecil

Lusiana Mustinda - detikFood Selasa, 12 Jan 2016 12:58 WIB
Foto: Thinkstock
Jakarta - Mungkin hampir tiap pagi anak selalu rewel saat sarapan. Penyebabnya bisa jadi ia bosan dengan menu yang Anda sajikan. Coba saja buat pilihan menu yang lebih menarik.​

University of Cardiff​ di Inggris ​meneliti kebiasaan ​pola makan l​ebih dari 5.000 anak-anak yang berusia 9 sampai 11 tahun dari 100 sekolah yang berbeda selama 24 jam, termasuk sarapan.

Studi ini menemukan bahwa siswa memiliki 50 hingga 100 persen lebih tinggi nilainya ketika mereka rajin sarapan. Bahkan kualitas sarapan merupakan ​faktor​ yang menentukan. Biji-bijian, susu dan buah-buahan dianggap perlu dimasukkan dalam menu sarapan.

Karena pentingnya sarapan, seringkali orangtua perlu memaksa untuk membujuk anak-anak. Dan tak jarang pula anak-anak yang sulit dan bahkan tak mau sarapan. Jika begitu, Anda bisa mencoba menu sarapan yang berbeda seperti berikut ini. Dijamin si kecil menyukainya!

1. Sarapan minuman



Segelas susu atau smoothies buah. Keduanya merupakan pilihan sarapan yang kaya gizi dan dapat mendorong otak untuk bekerja lebih efektif serta memberikan energi yang lebih di sekolah. ​B​uat aneka buah yang dicampurkan dengan susu dan dijadikan smoothies untuk sarapan praktis dan juga bergizi.

2. Roti panggang



Roti yang terbuat dari karbohidrat bisa Anda sajikan dengan topping kaya protein seperti keju, selai kacang atau alpukat. Selain itu, Anda juga dapat mencampurkan roti gandum dengan butter dan cokelat serta keju. Roti bisa diolah dengan berbagai macam campuran makanan bergizi seperti selada, tomat, sosis, daging asap hingga telur.

3. Yogurt



Yogurt mengandung gula yang tinggi protein serta kalsium. Yogurt dikemas dalam bentuk cup yang mudah dibawa kemana-mana oleh si kecil. Yogurt dapat dikonsumsi sebagai camilan saat berangkat ke sekolah. Cara lain untuk menyajikan yogurt adalah dengan membekukan yogurt dengan potongan buah dengan tongkat es krim untuk menarik perhatian si kecil.

4. Crackers dan keju



Sarapan tak harus mengonsumsi roti atau sereal. Crackers yang disajikan dengan keju bisa jadi campuran sarapan dari karbohidrat yang rendah GI dan tinggi protein.

5. Kue



Anak-anak sangat senang jika ditawarkan menu sarapan muffin buah atau cake pisang. Adonannya terbuat dari tepung terigu, telur, buah pisang, buah-buahan kering, kacang-kacangan hingga biji-bijian. Cake dan muffin yang ditambahkan dengan buah dapat menambah serat yang mengenyangkan dan sehatkan pencernaan.




(tan/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com