Sego Sambel Cak Uut: Disengat Nikmat Sambal Tempong yang Diracik Segar

Luthfi Baihaqy - detikFood Selasa, 06 Apr 2021 12:00 WIB
Sego Sambel Cak Uut: Disengat Nikmat Sambal Tempong yang Diracik Segar Foto: detikcom/Luthfi Baihaqy
Jakarta -

Doyan makanan pedas? Kamu harus uji rasa sambal tempong di sini. Pedas sambal tempongnya yang diulek dadakan bikin keringatan karena sedap nikmat.

Di kota Malang ada rumah makan yang bisa jadi rekomendasi buat yang kangen makanan rumahan. Usaha ini didirikan sejak 3 tahun lalu oleh Slamet Utomo atau kerap dipanggil Cak Uut.

Rumah makan ini bernama Sego Sambel Cak Uut. Masakan rumahan khas Jawa jadi menu andalannya terutama sambal tempong khas Banyuwangi.

"Kita banyak menunya dan semua menunya recommended, cocok dengan lidah orang luar kota maupun masyarakat lokal," ujar Hasani, salah satu pegawai.

Suasana Rumah Tradisional Jawa

Sego Sambel Cak Uut: Disengat Nikmat Sambal Tempong yang Diracik SegarSego Sambel Cak Uut: Disengat Nikmat Sambal Tempong yang Diracik Segar Foto: detikcom/Luthfi Baihaqy

Memasuki area Sego Sambel Cak Uut seperti memasuki rumah tradisional Jawa. Rumah gaya pedesaan Jawa dilengkapi dengan furnitur kayu. Meja kayu dan kursi marmer, dilengkapi taplak batik dan lilin di atasnya.

Bangunannya memakai kayu, dinding anyaman bambu, serta atap genteng. Sembari menunggu dan menikmati menu makanan datang, kamu akan ditemani dengan alunan musik gending-gending khas Jawa. Terasa adem ayem!

Ada beberapa pilihan tempat makan, ada gazebo atau saung bambu dengan atap daun aren yang membuat suasana menjadi makin nyaman. Tepat di samping saung juga terdapat aliran sungai, semakin menambah suasana khas pedesaan yang menenangkan.

Sambel Tempong Khas Banyuwangi yang Nikmat

Sego Sambel Cak Uut: Disengat Nikmat Sambal Tempong yang Diracik SegarSego Sambel Cak Uut: Disengat Nikmat Sambal Tempong yang Diracik Segar Foto: detikcom/Luthfi Baihaqy

Salah satu menu makanan yang rekomendasikan adalah Sego Sambel Ayam. Disajikan dalam sepiring keramik coklat berisi nasi putih, ayam goreng, orek sambel tempe dengan kacang panjang, serta sambel tempong.

Porsi nasinya pas untuk disantap bersama lauk, bahkan kamu bisa menambah nasi lagi. Ayam gorengnya garing di luar dan empuk di dalam, bumbu meresap hingga ke tulang. Bumbu rempahnya terasa menyerap.

Sambel tempe di sini juga menjadi jadi favorit adalah Orek tempe dengan potongan kacang panjang. Tekstur tempe yang renyah dan potongan kacang panjang yang segar. Pedas gurih pas disuap dengan nasi.

Sambal tempong jadi ikon tempat makan ini. Sambal tempong sendiri berasal dari daerah asal Cak Uut, Banyuwangi. Sambal dadak ini aromanya segar menyengar. Ada jejak manis gurih pedas dan segar. Karena memakai tomat dan air jeruk limau.

"Sambel tempong itu pedes seger, tidak bisa lebih dari 2 jam, kalau lebih dari 2 jam warna dan rasanya akan berbeda. Semua sambal di sini bikin baru gak bisa nyetok, akhirnya kualitas sambalnya beda, kualitas rasa dan bentuknya juga beda, karena kita bikin fresh, enak dan diminati para pelanggan," ungkap Hasani.

Perpaduan yang sangat nikmat untuk seporsiSegoSambel Ayam dengan harga Rp27.000,hangatnya nasi dengan sedapnya ayam,gurihnyasambel tempe orek, serta pedasnampol sambal tempong dijamin mampu menggugah selera.

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Bikin Laper: Review Warung Korea Pop di Jakpus"
[Gambas:Video 20detik]

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com