Resto dan Kafe

Kopi Se-Indonesia : Mencicipi Racikan Kopi Kekinian Punya Nicholas Sean

Sonia Basoni - detikFood Jumat, 10 Jul 2020 17:00 WIB
Kopi Se-Indonesia Foto: detikFood
Jakarta -

Putra sulung Ahok BTP, Nicholas Sean baru saja membuka kafe Kopi Se-Indonesia di PIK, Jakarta Utara. Kopi apa saja yang ditawarkan?

Baru dibuka akhir bulan Mei lalu, kafe Kopi Se-Indonesia milik Nicholas sudah mencuri perhatian. Mengenakan nama 'Se-Indonesia' pada kafenya, kedai kopi modern yang satu ini berdiri di antara resto dan cafe di sepanjang jalan Ruko Crown Golf.

Baca Juga: Mau Cicip Kopi Aromanis? Kopi Beraroma Manis Ceri dari Garut

Dari luar tampilan kafe penuh dengan nuansa hitam dan jendela besar. Ketika masuk ke dalamnya, suasana nyaman dengan interior gambar wayang dan batik menghiasi dinding kafe. Suasana hangat khas Indonesia. Sayangnya kami tidak mencium aroma kopi harum saat masuk ke area kafe.

Kopi Se-IndonesiaKopi Se-Indonesia Foto: detikFood

Untuk menu yang ditawarkan fokusnya ke kopi, susu, dan teh. Ekspektasi kami, menu kopi di sini akan menggunakan single origin atau kopi spesifik yang berasal dari wilayah penghasil kopi di Indonesia. Mengingat kafe ini memakai nama Se-Indonesia.Sayangnya kami tidak bisa menemukan kopi single origin di dalam menu.

Kami baru menemukan informasi kopi yang digunakan adalah jenis Robusta dari Malang di halaman Instagram kafe. Jadi rupanya mereka memakai house blend kopi Indonesia.

Akhirnya kami mencoba beberapa menu kopi andalannya, ada Kopi Gula Aren (Rp 25.000), Kopi Klepon (Rp 27.000), dan Butterscotch Regal (Rp 32.000). Kami juga memesan Singkong Goreng untuk camilannya.

Kopi Se-IndonesiaKopi Se-Indonesia Foto: detikFood

Pelayanannya sendiri terbilang cepat. Kopi tidak disajikan dengan gelas melainkan menggunakan gelas plastik, dengan motif peta Indonesia dan lambang Garuda di atasnya.

Sekilas tampilannya mirip seperti kopi kekinian pada umumnya. Pertama kami mencoba Kopi Klepon dengan warna hijau cerah dan corak gula aren di dalamnya. Rasa kopinya tidak terlalu manis, tapi jejak kelapa dari santannya cukup terasa. Rasanya cukup unik dan cocok bagi penikmat kopi ringan.

Kopi Se-IndonesiaKopi Se-Indonesia Foto: detikFood

Sementara racikan Kopi Gula Aren, tidak tercium aroma kopi yang kuat tapi untuk rasanya masih enak dinikmati. Paduan kopi premium blend yang dicampur dengan gula aren kental, cocok jadi teman bersantai di sore hari. Tak beda jauh dengan racikan kopi gula aren di beberapa gerao kopi lain.

Lalu terakhir ada menu Butterscotch Regal, dasarnya dari susu bukan kopi. Ini merupakan minuman favorit Nicholas. Bagian atas minuman diberi biskuit Regal utuh, sementara racikan butterscotchnya ditambah dengan potongan biskuit Regal yang royal.

Rasa dari minuman ini lebih creamy dan manis dibandingkan menu kopinya. Paduan dari gula dan mentega dalam butterscotch dan susu krim membuat rasanya semakin enak, dengan tekstur crunchy dari biskuit Regal yang renyah manis.

Terakhir ada Singkong Goreng yang disajikan dengan saus tomat dan sambal. Meski tampilannya sederhana, tapi tekstur singkongnya cukup empuk dengan bagian luar yang garing. Rasa gurihnya pas dan tidak terlalu asin. Padahal awalnya kami menduga singkong akan dipotong kecil panjang bentuk stick dengan cocolan sambal roa.

Kopi Se-IndonesiaKopi Se-Indonesia Foto: detikFood

Ngopi di Kopi Se-Indonesia ini cukup nyaman. Racikan kopi kekiniannya juga cukup enak. Dengan harga masih terjangkau, tak beda dengan harga kopi kekinian lainnya. Hanya saja menu kopinya lebih fokus ke kopi ringan kekinian.

Mungkin di ke depannya Kopi Se-Indonesia bisa lebih mengeksplor ragam biji kopi dari wilayah Indonesia lainnya. Supaya lebih pas dengan nama kafenya. Meskipun kafe ini mungkin pengembangan dari usaha Nicholas dengan brand clothing Se-Indonesia yang lebih dulu sukses.

Nah kalau penasaran dengan racikan kopi kekinian di sini, bisa langsung mampir ke gerai Kopi Se-Indonesia di PIK. Kafe ini buka setiap hari dari jam 08.00 sampai jam 22.00. Bisa juga pesan lewat aplikasi ojek online.

Baca Juga: Warung Kopi Asiang : Nikmatnya Racikan Kopi 'Naked Barista' yang Legendaris


Kopi Se-Indonesia - PIK
JL. Ruko Crown Golf Blok A.
Kamal Muara, Penjaringan, Jakarta Utara.
Instagram: @kopiseindonesia



Simak Video "Menjajal Kedai Kopi Milik Anak Ahok yang Indonesia Banget"
[Gambas:Video 20detik]
(sob/odi)