10 Makanan Enak Ini Cocok Dikonsumsi oleh Penderita Darah Rendah

ADVERTISEMENT

10 Makanan Enak Ini Cocok Dikonsumsi oleh Penderita Darah Rendah

Tim Detikfood - detikFood
Kamis, 01 Sep 2022 05:00 WIB
Grilled beefsteak with baked potatoes on white background
Foto: iStock
Jakarta -

Penderita tekanan darah rendah juga perlu mengonsumsi makanan tertentu. Berikut ini 10 makanan enak yang cocok untuk penderita darah rendah.

Seperti penderita tekanan darah tinggi, penderita tekanan darah rendah perlu mengonsumsi makanan tertentu agar tekanan darah menjadi normal.

Tekanan darah rendah atau hipotensi biasanya terjadi jika tekanan darah di bawah 90/60 mm Hg. Kondisi ini mempengaruhi banyak orang, terutama saat mereka bertambah usia. Risikonya juga sama seriusnya dengan tekanan darah tinggi.

Berikut ini 10 makanan enak yang cocok dikonsumsi oleh penderita darah rendah:

1. Makanan Asin

Tenang, jangan buru-buru makan atau ngemil garam. Mengutip Manhattan cardiology, makanan dengan kandungan garam tinggi bisa meningkatkan tekanan darah. Sumber garam yang baik termasuk zaitun, keju cottage, dan sup kalengan atau tuna.

Kamu juga dapat menambahkan garam meja atau garam laut ke dalam makanan. Meski demikian jangan buru-buru tambah garam kebanyakan, salah-salah bisa darah tinggi.

2. Kuramgi karbohidrat

Makanan yang tinggi karbohidrat, terutama karbohidrat olahan, cenderung dicerna sangat cepat dibandingkan dengan makanan lain. Hal ini dapat menyebabkan penurunan tekanan darah secara tiba-tiba.

Diet rendah karbohidrat telah ditunjukkan dalam beberapa penelitian untuk membantu mengatasi hipotensi, terutama pada orang dewasa yang lebih tua.

3. Buah zaitun

Buah zaitun kaya akan vitamin E, zat besi, dan tembaga. Tapi, yang membantu dalam hal ini adalah rasanya yang sedikit asin.

Makanan asin dapat meningkatkan tekanan darah, terutama pada mereka yang mengalami penurunan mendadak, dikutip dari NDTV.

4. Hati sapi

Mengutip Medicine Net, hati sapi adalah salah satu sumber vitamin B12 terbaik. Dalam 100 gram hati mengandung jumlah B12 yang sangat tinggi.

Rendahnya asupan vitamin B12 dapat menyebabkan anemia dan tekanan darah rendah.

5. Telur

Satu butir telur ayam mengandung asam folat dan B12 dalam jumlah tinggi.

Seperti vitamin B12, asam folat adalah mineral penting untuk meningkatkan tingkat tekanan darah rendah dalam tubuh.

Daftar makanan untuk penderita tekanan darah rendah lainnya ada di halaman berikut!



Simak Video "Bikin Laper: Makan Bakso Pakai Sambal Barbar"
[Gambas:Video 20detik]

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT