ADVERTISEMENT

5 Prinsip Diet Okinawa yang Bikin Tubuh Bugar dan Panjang Umur

Tim Detikfood - detikFood
Selasa, 02 Nov 2021 05:00 WIB
Pola Diet Okinawa
Foto: iStock
Jakarta -

Diet Okinawa dikenal sebagai pola diet Jepang yang dikenal sebagai diet sehat. Selain bisa membantu menurunkan berat badan juga bikin panjang umur.

Pola makan yang berasal dari wilayah Okinawa, Jepang ini disebut-sebut aman untuk dilakukan jangka panjang. Karena efek sehatnya membantu menjaga kesehatan tubuh menyeluruh.

Lantas, seperti apa pola diet Okinawa yang satu ini? Apa saja manfaatnya untuk kesehatan? Berikut penjelasannya, merujuk Healthline.

Apa itu Diet Okinawa?

Masih masuk ke dalam Kepulauan Ryukyu, Okinawa terletak di lepas pantai Jepang antara Cina Timur dan Laut Filipina.

Kawasan Okinawa menjadi bagian dari lima wilayah di dunia yang masuk zona biru. Artinya, rata-rata penduduk di sana memiliki gaya hidup sehat serta berumur panjang.

Istilah diet ini pun muncul karena terinspirasi dari gaya hidup penduduknya dengan pola makan tradisional yang mengutamakan asupan sayuran serta produk nabati.

Meski begitu, penduduk Okinawa tetap mengonsumsi protein hewani. Namun, dengan jumlah yang sangat minim. Selain itu, mereka juga aktif bergerak dalam kesehariannya karena banyak beraktivitas.

buah dan sayuran5 Prinsip Diet Okinawa. Foto: iStock

Manfaat Diet Okinawa

Mengonsumsi makanan bergizi, serta aktivitas fisik seimbang, tentu erat kaitannya pada investasi kesehatan jangka panjang. Sama halnya dengan diet Okinawa yang memiliki manfaat berikut.

1. Umur panjang

Manfaat paling nyata dari diet satu ini adalah kualitas umur yang panjang, karena rata-rata penduduknya bisa hidup sampai usia mencapai 100 tahun.

Berada di usia 100 tahun dengan kondisi fisik sehat dan prima tentunya dipengaruhi oleh berbagai faktor. Salah satunya gaya hidup serta lingkungan yang sehat.

Penduduk tradisional Okinawa gemar mengonsumsi makanan nabati yang tinggi antioksidan karena dinilai sebagai agen anti-inflamasi yang kuat untuk mendorong umur lebih panjang.

2. Terhindari dari penyakit kronis

Selain berumur panjang, penduduk Okinawa juga jarang terkena penyakit kronis seperti diabetes, jantung, atau kanker.

Hal itu didorong oleh asupan makanan yang mereka konsumsi sehari-hari seperti sayuran tinggi serat, vitamin, mineral, dan rendah kalori, serta protein hewani.

Penduduknya juga menyeimbangkan dengan aktivitas fisik yang cukup, sehingga relevan apabila orang Okinawa terhindar dari penyakit kronis.

Lalu apa saja prinsip diet Okinawa ini? Baca selengkapnya DI SINI !



Simak Video "Masak Masak: Otak-otak Ikan Tongkol Super Endol"
[Gambas:Video 20detik]
(odi/odi)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT