Rahasia Umur Panjang hingga 100 Tahun, Konsumsi Makanan Ini

Yenny Mustika Sari - detikFood Senin, 18 Okt 2021 10:30 WIB
manfaat kacang-kacangan untuk umur panjang Foto: Getty Images/iStockphoto
Jakarta -

Umur yang panjang dapat diperoleh dengan pola hidup sehat. Kamu juga bisa secara rutin mengonsumsi makanan ini karena di dalamnya mengandung nutrisi penting.

Manusia dengan umur yang panjang dapat ditemui di berbagai belahan dunia. Biasanya umur mereka menginjak 100 tahun atau bahkan lebih. Salah satu kunci untuk mendapatkan umur panjang dengan menjalani pola hidup sehat.

Tentunya, makanan yang sehat bernutrisi tinggi harus dikonsumsi secara rutin. Seperti makanan yang mengandung vitamin, mineral, serat, hingga zat antioksidan yang tinggi.

Dilansir dari Eat This (14/10), makanan terbaik agar bisa memiliki umur panjang hingga 100 tahun adalah kacang-kacangan. Tentunya temuan ini sudah dibuktikan melalui rangkaian penelitian.

Para peneliti yang telah mempelajari pola hidup dari diet blue zone menemukan bahwa mereka sering mengonsumsi kacang-kacangan. Area yang termasuk dalam blue zone adalah Okinawa-Jepang, Sardinia-Italia, Nicoya-Kosta Rika, Ikaria-Yunani, dan Loma Linda-California. Orang yang tinggal wilayah blue zone ini banyak yang usianya mencapai lebih dari 100 tahun.

Baca Juga: 5 Makanan yang Bisa Perkuat Daya Ingat Rekomendasi Ahli Gizi Harvard

Mengapa Kacang-kacangan Harus Dikonsumsi?

Bubur kacang hijauBubur kacang hijau Foto: iStock

Para peneliti menemukan bahwa orang-orang di daerah blue zone yang banyak memiliki umur panjang biasa makan kacang-kacangan sebanyak satu cangkir (175 gram) per hari. Mereka mengonsumsi sebanyak itu karena kacang-kacangan mengandung protein dan serat nabati, serta tak mengandung lemak.

Misalnya dalam satu cangkir (175 gram) kacang hitam mengandung sekitar 15 gram protein, 15 gram serat, dan ada juga kandungan sedikit gula serta lemak.

Menurut penelitian The Gerontological Society of America, mengonsumsi kacang-kacangan secara rutin dapat menurunkan risiko depresi, hipertensi, diabetes, hingga demensia.

Kacang-kacangan juga mengandung zat antioksidan yang tinggi dan biasa disebut polifenol. Zat ini menurut peneliti dapat membantu menurunkan risiko penuaan dini

Baca Juga: 5 Warung Makan Betawi di Depok, Ada Gabus Pucung hingga Pecak Gurame!

Tambahkan Kacang-kacangan ke dalam Makanan

Kacang-kacangan dapat dikonsumsi langsung maupun ditambahkan ke beberapa makanan lain. Fungsi menambahkan kacang-kacangan ini agar mendapatkan lebih banyak protein, serat, dan antioksidan yang membantumu hidup lebih lama.

Kacang-kacangan yang baik dikonsumsi agar umur panjang adalah jenis kacang hitam, kacang merah, kacang pinto, hingga kedelai. Kamu bisa mengolah kacang-kacangan ini sebagai menu sarapan sehat bersama omelet atau salad.

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Masak Masak: Tips Bikin Camilan Kacang Kriuk"
[Gambas:Video 20detik]

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com