5 Pola Makan untuk Cegah Kolesterol Tinggi Ini Gampang Ditiru

Diah Afrilian - detikFood Sabtu, 30 Okt 2021 07:00 WIB
healthy fresh mixed fruits on white wooden table Foto: Getty Images/iStockphoto/SherSor

4. Seimbangkan dengan Olahraga

Bekerja di rumah atau seharian bekerja tanpa berhenti terkadang membuat tubuh menginginkan waktu rehat dengan sedikit camilan. Tanpa disadari hal seperti inilah yang membuat tubuh terlalu banyak mengonsumsi kalori sehingga membuatnya menumpuk di dalam tubuh.

Selain pola makan yang harus diatur sedemikian rupa dan direkayasa hingga menjadi sehat tetapi olahraga juga harus dilakukan demi menyeimbangan gerak tubuh. Membakar kalori dengan olahraga ringan saja sudah terbukti dapat membantu menurunkan kolesterol yang tinggi dengan sangat efektif.

Tidak perlu olahraga yang berat seperti angkat beban atau marathon, para ahli menyarankan olahraga ringan namun rutin dilakukan. Olahraga ringan yang dilakukan dalam intensitas yang sering akan lebih efektif membantu mengendalikan kadar kolesterol.

healthy fresh mixed fruits on white wooden tableFoto: Getty Images/iStockphoto/SherSor

5. Konsumsi Lebih Banyak Serat

Bukan hal yang buruk jika ingin mengisi piring makanmu dengan berbagai buah-buahan dan sayuran dengan warna warni yang indah. Selain menyajikan makanan dengan lebih indah cara ini juga ampuh untuk membuat kamu mengonsumsi makanan dengan lebih sehat dan tinggi serat.

Makanan seperti kacang-kacangan, biji-bijian, sayur-sayuran dan buah-buahan bisa disusun sedemikian rupa agar mewarnai waktu makan dan membuat waktu makan menjadi lebih menyenangkan. Kandungan serat yang ada dalam makanan-makanan yang berserat ini sangat direkomendasikan oleh ahli kesehatan dan pakar gizi utuk membantu menyemibangkan kadar kolesterol.

Konsumsi makanan tinggi serat dikatakan mampu menekan lonjakan kolesterol dengan sangat cepat. Selain itu konsumsi serat melalui buah-buahan, sayuran dan biji-bijian serta yang lainnya baik untuk membantu memenuhi kebutuhan gizi.

Baca juga: 5 Cara Menurunkan Kolesterol Secara Ilmiah dan Mudah

Halaman
1 2 3 Tampilkan Semua

(dfl/adr)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com