5 Pola Makan untuk Cegah Kolesterol Tinggi Ini Gampang Ditiru

Diah Afrilian - detikFood Sabtu, 30 Okt 2021 07:00 WIB
healthy fresh mixed fruits on white wooden table Foto: Getty Images/iStockphoto/SherSor
Jakarta -

Kadar kolesterol tinggi berakibat buruk untuk kesehatan jantung dan kardiovaskular. Lima pola makan ini bisa diadaptasi untuk membuat kadar kolesterol tak naik drastis.

Tak hanya mendatangkan banyak manfaat, asupan makanan juga dapat memberikan efek buruk jika tidak dikendalikan. Salah satunya yang paling dipengaruhi adalah kadar kolesterol dalam darah yang dapat dengan cepat meningkat ketika pola makan tak sehat.

Kadar kolesterol yang terlalu tinggi dan menumpuk dalam aliran darah ini akan sangat berbahaya bagi kesehatan kardiovaskular hingga mengancam jantung. Sebagai organ paling vital untuk kehidupan manusia, sudah semestinya kesehatan jantung senantiasa dijaga.

Menerapkan pola makan sehat terutama mengurangi makanan tinggi lemak jenuh dan tinggi kalori menjadi pedoman dasar untuk menjaga kesimbangan kadar kolesterol di dalam tubuh. Para ahli kesehatan menyarankan lima pola makan yang bisa diadaptasi untuk mencegah naiknya kadar kolesterol.

Berikut ini 5 pola makan sehat untuk cegah kolesterol tinggi menurut Eat This, Not That (26/10):

ayam gorengFoto: Getty Images

1. Hindari Konsumsi Lemak Jenuh

Dibandingkan dengan makan banyak makanan tinggi lemak jenuh seperti kue-kue, pastry, bacon dan lain-lainnya, coba pertimbangkan alternatif makanan nabati yang lebih sehat. Lemak jenuh memiliki pengaruh yang sangat besar baik bagi penumpukan lemak di dalam tubuh hingga lonjakan kolesterol yang bisa terjadi dalam aliran darah.

Makanan tinggi lemak jenuh juga dapat memberikan efek yang sangat negatif bagi keseluruhan sistem pencernaan tubuh dan merujuk pada kesehatan tubuh secara menyeluruh. Seorang selebriti chef sekaligus ahli gizi, Serena Poon, menyarankan untuk memperbanyak konsumsi makanan utuh dan minim olahan.

Pola makan yang diisi dengan lebih banyak sayuran segar serta buah-buahan dikatakan terbukti untuk mengendalikan kolesterol yang bermasalah. Selain itu jika ingin efek yang lebih maksimal coba perbanyak konsumsi buah-buahan yang tinggi antioksidan.

Baca juga: Kolesterol Tinggi? 7 Makanan Enak Ini Bantu Turunkan Kolesterol

Selanjutnya
Halaman
1 2 3

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com