Rutinlah Makan 9 Buah dan Sayur Ini Agar Kulit Mulus dan Glowing

Tim Detikfood - detikFood
Sabtu, 30 Okt 2021 05:00 WIB
Jus buah dan sayur
Foto: Istock
Jakarta -

Buah dan sayur selain memberi asupan vitamin, mineral dan serat. Jika dikonsumsi rutin, buah dan sayur segar bisa membuat kukit mulus dan glowing.

Saat kamu melihat noda muncul atau bercak seperti ruam pada jerawat, biasanya itu pertanda bahwa kamu terlalu banyak minum kopi, alkohol, atau makanan yang bisa memicu proses penuaan dini. Inilah alasannya mengapa banyak orang bilang, apa yang kamu makan akan muncul di wajah.

Banyak orang sudah tahu jika asupan sayuran dan buah-buahan segar sangat mempengaruhi kesehatan kulit. Kulit kenyal, mulus dan glowing bisa didapat salah satunya dengan rutin konsumsi buah dan dayuran. Apa saja?

1. Semangka

Mengutip Eat This, semangka yang mengandung 90% air bisa membantu menghidrasi tubuh juga kulit.

"Meskipun mungkin terdengar berlawanan dengan intuisi, konsentrasi tinggi air dalam semangka sebenarnya dapat mengurangi retensi air yang menyebabkan bengkak di sekitar mata," kata Baumann.

"Dan karena semangka rendah gula dibandingkan dengan banyak buah lainnya, kamu tidak perlu khawatir tentang glikasi, reaksi kimia yang merusak kolagen dan menyebabkan garis dan kerutan." kata Leslie Baumann, dermatologist bersertifikat dan pendiri of Baumann Cosmetic & Research Institute.

tomattomat Foto: iStock

2. Tomat

Tomat kaya akan likopen, antioksidan kuat untuk melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar uktra violet, kata Zeichner. Faktanya, sebuah penelitian di British Journal of Dermatology menemukan peserta yang makan lima sendok makan pasta tomat setiap hari menunjukkan perlindungan 33 persen lebih banyak terhadap sengatan matahari daripada kelompok kontrol.

3. Wortel

"Sayuran ini berwarna oranye berkat tingkat beta-karoten yang tinggi, yang merupakan prekursor vitamin A ... yang juga merupakan bentuk bahan aktif utama dalam Retin-A," kata Baumann.

"Vitamin ini telah ditemukan untuk mengurangi produksi minyak kulit, dan ada juga beberapa bukti bahwa vitamin ini dapat memperbaiki psoriasis."

Buah dan sayuran apa saja yang sebaiknya rutin dikonsumsi untuk kukit sehat? Cek daftarnya DI SINI !



Simak Video "Masak Masak: Ayam Ngohiong dengan Bumbu Tionghoa"
[Gambas:Video 20detik]
(odi/odi)