Ini 7 Manfaat Sehat Minum Teh Hijau Campur Madu

Diah Afrilian - detikFood Sabtu, 12 Jun 2021 05:00 WIB
Ini 7 Manfaat Sehat Minum Teh Hijau Campur Madu Foto: iStock

3. Mengurangi Risiko Kanker

Ini 7 Manfaat Sehat Minum Teh Hijau Campur MaduIni 7 Manfaat Sehat Minum Teh Hijau Campur Madu Foto: iStock

Kanker disebabkan oleh pertumbuhan sel-sel yang tidak terkendali dan diproduksi berlebihan dalam tubuh. Para peneliti juga mengatakan bahwa kerusakan oksidatif juga menjadi salah satu dari inflamasi kronis yang merujuk pada kanker.

Teh hijau dan madu terbukti memiliki kandungan antioksidan yang begitu kuat. Bahkan para peneliti telah mengaitkan konsumsi kombinasi ini pada penurunan risiko kanker payudara, kanker prostat hingga kanker kolorektal.

4. Mengatasi Nafas Tidak Sedap

Teh hijau memiliki katekin yang lebih tinggi dibandingkan sebagian besar jenis teh lainnya. Sebuah penelitian membuktikan bahwa katekin dapat menekan pertumbuhan bakteri terutama pada rongga mulut.

Bau nafas dan mulut yang tidak sedap ini sangat dipengaruhi oleh jumlah bakteri yang ada pada mulut. Konsumsi teh hijau dapat mengalahkan bakteri yang ada pada rongga mulut untuk mengatasi nafas tidak sedap.

5. Mencegah Diabetes Tipe 2

Ini 7 Manfaat Sehat Minum Teh Hijau Campur MaduIni 7 Manfaat Sehat Minum Teh Hijau Campur Madu Foto: iStock

Diabetes tipe 2 semakin hari semakin banyak penyintasnya. Pada diabetes tipe 2, tubuh mengalami peningkatan kadar gula darah yang berujung pada resistensi insulin dan ketidakmampuan tubuh untuk memproduksi insulin.

Sebuah penelitian telah berhasil membuktikan manfaat teh hijau dalam meningkatkan sensitivitas insulin dan mengurangi kadar gula darah. Bahkan penelitian yang dilakukan di Jepang menemukan bahwa kombinasi ini terbukti dapat menurunkan 42% risiko diabetes tipe 2.

6. Mencegah Penyakit Kardiovaskular

Gangguan atau penyakit yang timbul pada kardiovaskular, salah satunya termasuk penyakit jantung dan stroke adalah hal yang sangat berbahaya. Penyakit ini bahkan dinobatkan sebagai penyebab mayoritas kematian di seluruh dunia.

Peneliti menunjukkan bahwa teh hijau dan madu dapat menurunkan faktor utama dari penyebab penyakit ini yaitu lonjakan kolesterol buruk. Bahkan kandungan antioksidan yang ada di dalamnya juga dapat melindungi darah dari penumpukan kolesterol buruk yang berasal dari lonjakan kolesterol tersebut.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3


Simak Video "Bikin Laper: Perpaduan Bakmi dengan Sei Sapi"
[Gambas:Video 20detik]

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com