20 Bumbu dan Bahan Makanan yang Bantu Turunkan Berat Badan

Tim Detikfood - detikFood Selasa, 11 Mei 2021 04:00 WIB
Kentang goreng bawang putih Foto: Independent/Thinkstock
Jakarta -

Cara efektif menurunkan berat badan adalah melalui makanan. 20 bumbu dan makanan ini wajib rutin dikonsumsi untuk bantu turunkan berat badan.

Untuk memilih makanan yang bisa membantu penurunan berat badan sebenarnya tidak sulit. Karena hampir semua jenis bumbu, rempah dan bahan makanan yang bisa membantu metabolisme tubuh bekerja efektif sehingga berat badan turun.

Berikut 20 bumbu dapur dan bahan makanan yang bisa membantu menurunkan berat badan, dirangkum dari berbagai sumber.


1. Jahe

Saat tidak enak badan, jahe biasanya jadi andalan untuk meredakan rasa tidak nyaman dan memberikan kehangatan. Jahe pun bisa membantu menurunkan berat badan karena menaikkan temperatur badan sehingga bisa membakar lemak lebih efektif.

2. Bawang putih

Dilansir dari Boldsky, bawang putih akan mencegah akumulasi lemak di tubuh dan mencegah kenaikan berat badan. Bawang putih pun bisa membantu melawan stres dan menurunkan gejala kecemasan.

3. Lada hitam

Rasa pedasnya yang khas membuat lada hitam sempurna untuk membuat tumis daging atau sup. Rempah satu ini pun bisa membantu menurunkan berat badan karena rendah kalori, tinggi vitamin dan mineral juga kaya akan serat.

nasi kuning. indonesian yellow rice served with fried chicken on banana leaf20 Bumbu dan Bahan Makanan yang Bantu Turunkan Berat Badan Foto: iStock

4. Kunyit

Kunyit umum digunakan sebagai bumbu, campuran minuman, pewarna alami makanan juga campuran masakan. Kunyit pun membawa aneka manfaat untuk kesehatan termasuk meningkatkan metabolisme.

5. Kayu manis

Rempah lain yang juga bisa diandalkan untuk menurunkan berat badan adalah kayu manis. Tambahkan saja bubuk kayu manis dalam kopi sehari-hari.

6. Biji wijen


Kaya akan serat dan protein membuat biji wijen bisa diandalkan untuk urusan menurunkan berat badan. Biji wijen pun bisa memicu enzim yang membakar lemak.

7. Cuka apel

Berbagai manfaat kesehatan ditawarkan oleh cuka apel. Tak hanya itu, ternyata cuka apel juga mampu mengurangi lemak tubuh. Kandungan asam asetatnya akan membantu memecah makanan dengan baik dan mencegah darah menyerap lebih banyak lemak.

8. Minyak zaitun

Minyak zaitun memberikan tubuh asupan lemak sehat. Di samping itu, minyak zaitun mampu meningkatkan rasa kenyang dan membantu menyerap vitamin larut lemak.

9. Minyak kelapa

Bicara soal menurunkan berat badan, kamu tidak boleh melupakan minyak kelapa (virgin coconut oil). Melansir dari Byrdie, minyak kelapa punya komponen untuk mencegah penumpukan lemak, merangsang metabolisme dan menekan rasa lapar.

10. Wortel

Salah satu sayur yang wajib dikonsumsi demi program penurunan berat badan adalah wortel. Mengapa? Wortel rendah kalori dan tinggi nutrisi. Sayur ini pun bisa diolah jadi beragam masakan.

Berikut ini 10 bahan makanan yang bisa membantu penurunan berat badan. Baca selengkapnya DI SINI !



Simak Video "Minum Kopi Bisa Bantu Turunkan Berat Badan?"
[Gambas:Video 20detik]
(odi/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com