Konsumsi Kunyit Efektif Mengendalikan dan Mencegah Diabetes

Diah Afrilian - detikFood Selasa, 30 Mar 2021 07:00 WIB
Konsumsi Kunyit Efektif Mengendalikan dan Mencegah Diabetes Foto: iStock
Jakarta -

Diabetes merupakan penyakit global yang terus bertambah setiap waktu. Obat tradisional seperti kunyit bisa menjadi pencegah diabetes yang ampuh.

Diabetes merupakan penyakit yang berkaitan dengan metabolisme, tubuh kehilangan kemampuan untuk mengendalikan kadar gula darah. Penyakit ini bisa dibilang menjadi masalah global yang terus menerus harus diatasi.

Berbagai metode pengobatan dan obat baik secara medis maupun alternatif menjadi banyak dicari untuk mengatasi diabetes. Sebenarnya dengan memodifikasi gaya hidup yang sehat dan pola makan yang baik cukup untuk mencegah sebagian besar risiko diabetes.

Berbagai penelitian bahkan terus dilakukan untuk mencari cara mengatasi penyakit diabetes secara alternatif melalui tumbuh-tumbuhan. Beberapa tumbuhan telah dianalisa hingga akhirnya para peneliti menemukan kunyit.

Konsumsi Kunyit Efektif Mengendalikan dan Mencegah DiabetesKonsumsi Kunyit Efektif Mengendalikan dan Mencegah Diabetes Foto: iStock

Dilansir melalui Boldsky (25/2), kandungan antioksidan, antimikroba dan anti glikemik yang ada pada kunyit dapat membantu meregulasi insulin dan mencegah terjadinya resisten insulin di dalam tubuh. Insulin ini sangat dibutuhkan oleh tubuh untuk mengendalikan kadar gula darah dan mengelola diabetes.

Kurkumin yang ada pada kunyit juga sangat baik untuk penyintas diabetes karena mampu menyeimbangkan kadar gula darah dan kolesterol. Caranya bisa dengan mengonsumsi kunyit bubuk, minyak kunyit atau yang sudah berbentuk kapsul.

Peningkatan morbiditas dan mortalitas yang berkaitan dengan diabetes seringkali terjadi akibat komplikasi yang muncul. Misalnya seperti penyakit jantung, retinopati, nefropati, kolesterol tinggi, infeksi, disfungsi endotelial dan peningkatan stres oksidatif.

Diabetes seringkali dikatakan sebagai inflamasi kronis pada peningkatan sitokin pro-inflamasi. Antioksidan dan anti inflamasi yang kuat pada kandungan kurkumin dan nutrisi lain seperti vitamin C, flavonoid, potasium, zink, beta karoten dan zat besi semakin membantu kunyit untuk mencegah dan mengendalikan komplikasi akibat diabetes.

Baca juga: Manfaat Kunyit: Cegah Diabetes hingga Tingkatkan Imunitas Tubuh

Berikut ini cara kunyit untuk mengatasi diabetes:

1. Menguatkan imunitas

Konsumsi Kunyit Efektif Mengendalikan dan Mencegah DiabetesKonsumsi Kunyit Efektif Mengendalikan dan Mencegah Diabetes Foto: iStock

Antioksidan dan fitonutrien pada kunyit dapat meningkatkan kesehatan secara menyeluruh. Kandungan ini dapat menguatkan imunitas atau daya tahan tubuh dan mencegah penyakit seperti diabetes.

2. Mengendalikan insulin

Konsumsi Kunyit Efektif Mengendalikan dan Mencegah DiabetesKonsumsi Kunyit Efektif Mengendalikan dan Mencegah Diabetes Foto: iStock

Kandungan antiglikemik yang ada pada kunyit akan meregulasi dan menyimbangkan kadar insulin dan mencegah diabetes dengan cara menurunkan kadar gula darah dan trigliserida.

3. Mengurangi lemak

Kelebihan berat badan meningkatkan risiko diabetes semakin tinggi. Kunyit dengan kandungan kurkuminnya akan mencegah diabetes dengan cara mengandalikan berat badan dan mencegah akumulasi lemak berbahaya.

4. Mencegah infeksi

Konsumsi Kunyit Efektif Mengendalikan dan Mencegah DiabetesKonsumsi Kunyit Efektif Mengendalikan dan Mencegah Diabetes Foto: iStock

Patogen seperti virus coxsackie B4 diketahui dapat meningkatkan risiko diabetes tipe 1. Sifat antiviral, antibakteri dan antibiotik yang ada pada kunyit akan mencegah infeksi ini yang kemudian mengatasi dan mengendalikan diabetes.

Selain itu, campuran smoothie dengan kunyit bubuk, jus wortel dan jus jeruk juga baik untuk meningkatkan imunitas dan mencegah diabetes tipe 2. Berikut ini resep yang bisa dicontek.

Bahan :

2 sdt kunyit bubuk
60 ml jus wortel segar
60 ml jus jeruk segar

Cara membuat :

Campurkan sebuah bahan dalam wadah.
Aduk semua hingga tercampur rata.
Tuangkan ke gelas saji.

Catatan:
Minum campuran ini setiap pagi sebelum sarapan setidaknya selama 3 bulan.

Baca juga: 15 Makanan yang Dianjurkan Untuk Penderita Diabetes



Simak Video "Kuy, Bikin Jamu Kunyit Sendiri di Rumah!"
[Gambas:Video 20detik]
(raf/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com