Manfaat Kunyit: Cegah Diabetes hingga Tingkatkan Imunitas Tubuh

Diah Afrilian - detikFood Selasa, 09 Mar 2021 07:00 WIB
Manfaat Kunyit: Cegah Diabetes hingga Tingkatkan Imunitas Tubuh Foto: Getty Images/iStockphoto/ollo
Jakarta -

Ragam rempah punya khasiat sehat untuk atasi penyakit, termasuk kunyit yang memiliki manfaat cegah diabetes hingga tingkatkan imunitas tubuh.

Diabetes merupakan masalah pada metabolisme tubuh yang semakin hari diderita semakin banyak orang di seluruh dunia. Diabetes bisa dicegah dan dikurangi risikonya lewat gaya hidup dan pola makan sehat.

Selain itu, diabetes juga bisa diakibatkan oleh beberapa faktor lain. Salah satunya faktor genetik atau keturunan.

Berbagai cara mencegah diabetes dan menghindari risiko hingga perkembangan komplikasinya banyak direkomendasikan. Salah satunya melalui konsumsi rempah yaitu kunyit.

Dilansir dari Boldsky (25/2) banyak penelitian yang mengungkap manfaat kunyit sebagai rempah pencegah dan pengendali diabetes. Dibandingkan daftar obat herbal lainnya, kunyit menjadi tanaman yang ampuh untuk atasi diabetes.

Secara ilmiah, kunyit dikenal sebagai curcuma longa yang sering digunakan sebagai pengobatan penyakit, termasuk diabetes. Khasiat kunyit untuk kesehatan yang begitu bagus disebabkan kandungan kurkuminnya yang tinggi.

Kurkumin mampu mengendalikan kadar gula dalam darah dan kolesterol. Dengan kondisi kadar gula yang seimbang ini, risiko diabetes bisa terhindar.

Peningkatan morbiditas dan kematian akibat diabetes sering disebabkan oleh komplikasi seperti penyakit jantung, retinopati, nefropati, kolesterol tinggi, infeksi, disfungsi endotel dan peningkatan stress oksidatif. Untuk mencegah komplikasi seperti yang disebut maka dibutuhkan senyawa antioksidan dan antiinflamasi yang kuat seperti yang dimiliki oleh kurkumin.

Baca Juga: Manfaat Kunyit bagi Imunitas Tubuh Selama Pandemi Covid-19

Berikut ini cara yang dilakukan oleh kunyit untuk mengendalikan diabetes di dalam tubuh:

1. Menguatkan Imunitas

Manfaat Kunyit: Cegah Diabetes hingga Tingkatkan Imunitas TubuhManfaat Kunyit: Cegah Diabetes hingga Tingkatkan Imunitas Tubuh Foto: Getty Images/iStockphoto/ollo

Kandungan antioksidan dan fitonutrien dalam kunyit dapat meningkatkan kesehatan secara umum. Kesehatan tubuh secara umum ini yang pertama kali dibutuhkan untuk membangun imun yang lebih kuat.

Kurkumin mengandung antioksidan, antimicrobial, antiinflamasi dan antiglikemik yang berperan menguatkan imun. Kandungan-kandungan tersebut juga menjadi senyawa yang dibutuhkan untuk mengurangi risiko diabetes dalam tubuh.

2. Menjaga Insulin

Manfaat Kunyit: Cegah Diabetes hingga Tingkatkan Imunitas TubuhManfaat Kunyit: Cegah Diabetes hingga Tingkatkan Imunitas Tubuh Foto: Getty Images/iStockphoto/ollo

Pankreas merupakan organ tubuh yang menghasilkan insulin. Konsumsi kunyit yang mengandung antiglikemik ini kemudian akan membantu pankreas dalam mengendalikan dan menyeimbangkan tingkat insulin.

Ketika insulin dalam tubuh terkendali, penyakit komplikasi akibat diabetes akan lebih mudah dicegah. Misalnya resisten insulin dengan menurunkan kadar gula darah dan tingkat trigliserida dalam tubuh.

3. Mengurangi Lemak

Diabetes banyak juga dipengaruhi oleh obesitas atau penumpukan lemak berlebih dalam tubuh. Kenaikan berat badan yang berlebihan ini lantas menjadi salah satu faktor pemicu diabetes.

Kunyit ternyata juga memiliki kandungan senyawa yang mampu mengendalikan berat tubuh. Kurkumin pada kunyit akan membantu mengeliminasi dan mencegah akumulasi dari lemak tubuh yang berbahaya.

4. Mencegah Infeksi

Manfaat Kunyit: Cegah Diabetes hingga Tingkatkan Imunitas TubuhManfaat Kunyit: Cegah Diabetes hingga Tingkatkan Imunitas Tubuh Foto: Getty Images/iStockphoto/ollo

Pada diabetes tipe 1, patogen seperti virus Coxsackie B1 dikatakan sangat mempengaruhi kenaikan risikonya. Cara untuk melawan patogen virus seperti ini dibutuhkan konsumsi senyawa antibiotik.

Kunyit memiliki senyawa antiviral, antibacterial serta antibiotik yang dapat mencegah infeksi. Karenanya, konsumsi kunyit akan mencegah diabetes.

Baca Juga: 7 Manfaat Kunyit Asam dari Cegah Sakit Jantung dan Tambah Imunitas



Simak Video "Kuy, Bikin Jamu Kunyit Sendiri di Rumah!"
[Gambas:Video 20detik]
(sob/adr)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com