7 Jenis Teh yang Mempercepat Penurunan Berat Badan

Tim Detikfood - detikFood Rabu, 07 Apr 2021 06:35 WIB
alasan rutin minum teh Foto: iStock
Jakarta -

Teh bukan hanya membuat jantung lebih sehat dan mencegah kanker. Beberapa jenis teh bahkan bisa mempercepat penurunan berat badan.

Secangkir teh memang punya banyak manfaat untuk tubuh. Teh ampuh untuk meredakan sakit tenggorokan dan bahkan membantu mencegah kanker dan diabetes, sebenarnya teh dapat membantu Anda menurunkan berat badan.

"Minum teh dapat membantu menurunkan berat badan atau pemeliharaan berat badan karena teh mengisi kekosongan minuman yang tinggi gula dan kalori," kata Josh Axe, pendiri Ancient Nutrition dikutip dari Prevention.

"Saat Anda mengganti rasa latte, kopi dengan tambahan krim dan gula, dan soda atau jus manis, dan menggantinya dengan teh, Anda mengurangi kalori dalam jumlah besar setiap hari," ungkapnya.

Sebagai tambahan, selain tak berkalori (jika tak ditambah gula dan bahan lainnya), beberapa jenis teh mengandung senyawa tertentu yang bisa mendorong pembakaran lemak lebih tinggi.

alasan rutin minum teh7 Jenis Teh yang Mempercepat Penurunan Berat Badan. Foto: iStock

Berikut 7 jenis teh untuk turunkan berat badan.

1. Teh hijau

Cikal bakal minuman penurun berat badan adalah teh hijau - teh ini mengandung antioksidan yang disebut katekin, termasuk zat yang disebut epigallocatechin gallate (EGCG), yang dipercaya dapat meningkatkan metabolisme dan membantu membakar lemak.

"Para peneliti telah menemukan bahwa ekstrak teh hijau menyebabkan perubahan ekspresi gen metabolisme lemak, terutama bila dikonsumsi secara konsisten untuk jangka waktu yang lebih lama," kata Axe.

Satu penelitian di China menemukan bahwa ketika subjek minum teh yang sangat kaya katekin dua kali sehari, setelah 90 hari mereka melihat penurunan lemak perut, kehilangan rata-rata 1,9 cm lingkar pinggang dan 2,6 pon berat badan, dan berat badan besar lainnya.

Tinjauan penelitian menyimpulkan bahwa campuran teh hijau EGCG dan kafein memiliki efek positif pada penurunan berat badan dan manajemen berat badan.

2. Teh oolong

Meskipun teh hijau telah lama dianggap sebagai variasi pilihan untuk menurunkan berat badan, beberapa peneliti percaya bahwa oolong - teh Cina yang berada di antara hijau dan hitam lebih ampuh untuk menurunkan berat badan.

Teh oolong meningkatkan thermogenesis (sehingga tubuh menghasilkan panas dari energi, sehingga membakar lebih banyak kalori), dan menekan produksi sel lemak baru." kata Axe.

Jenis teh apa saja yang bisa mempercepat penurunan berat badan? Baca selengkapnya DI SINI !



Simak Video "Mengenal Arti dan Cara Pairing Teh yang Tepat"
[Gambas:Video 20detik]
(odi/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com