Rutin Minum Teh Lemon Bisa Bantu Turunkan Berat Badan dan Jaga Imunitas

Sonia Basoni - detikFood Selasa, 02 Mar 2021 05:00 WIB
Rutin Minum Teh Lemon Bisa Bantu Turunkan Berat Badan dan Jaga Imunitas Foto: Getty Images/iStockphoto/cometary
Jakarta -

Jeruk lemon punya banyak manfaat sehat untuk tubuh. Tambahan air jeruk lemon ke dalam teh, ternyata dapat bantu turunkan berat badan dan jaga imunitas.

Jeruk lemon biasanya digunakan sebagai bahan campuran minuman, makanan dan aneka kue. Dibalik rasanya yang asam menyegarkan, jenis jeruk yang satu ini menyimpan banyak manfaat sehat untuk tubuh.

Dilansir dari Planted Well (01/03), air lemon bisa dicampurkan ke dalam teh hitam atau teh hijau. Paduan ini menyehatkan tubuh karena kandungan vitamin C serta mampu meningkatkan imunitas tubuh. Agar tubuh tidak mudah terserang virus dan penyakit.

Berikut beberapa manfaat yang bisa didapatkan dari konsumsi teh lemon di pagi hari.

Baca Juga: Viral Campuran Teh Hijau dan Lemon Sembuhkan COVID-19, Ini Kata Ahli


1. Kandungan Dalam Teh Lemon

Rutin Minum Teh Lemon Bisa Bantu Turunkan Berat Badan dan Jaga ImunitasRutin Minum Teh Lemon Bisa Bantu Turunkan Berat Badan dan Jaga Imunitas Foto: Getty Images/iStockphoto/cometary

Satu cangkir teh (150 ml) yang dicampur dengan air jeruk lemon, mengandung sekitar 10 sampai 19 kalori. Tergantung dengan berapa banyak gula yang ditambahkan ke dalam teh.

Dikutip dari SparkPeople (01/03), teh lemon juga kaya akan potasium sekitar 20 mg per cangkirnya. Tak ketinggalan kandungan Vitamin C yang mencapai 9%. Atau sekitar 30,7 mg vitamin C dalam satu buah lemon (58 gram).

Tak sulit untuk membuat teh lemon di pagi hari. Cukup siapkan teh hitam atau teh hijau, seduh dengan air panas, kemudian tambahkan 2-3 sdm air jeruk lemon kemudian aduk hingga rata. Jika suka bisa juga tdiambahkan jahe atau bubuk kunyit secukupnya agar manfaat kesehatannya lebih banyak.


2. Membantu Turunkan Berat Badan

Close-up of slim waist of young woman in big jeans showing successful weight loss, isolated on white background, diet concept.Close-up of slim waist of young woman in big jeans showing successful weight loss, isolated on white background, diet concept. Foto: istock

Bagi yang sedang diet, bisa coba rutinitas yang satu ini. Dengan rajin meminum teh lemon di pagi hari, terutama saat perut masih kosong bisa membantu menurunkan berat badan.

Teh lemon dapat mengeluarkan racun dari tubuh serta meningkatkan metabolisme. Teh ini juga rendah kalori, serta mendorong tubuh untuk membakar lebih banyak lemak.

Kandungan citric acid atau asam alami dari buah lemon, bisa mencegah gula diserap dari makanan. Sehingga teh lemon ini dapat mengurangi jumlah gula yang yang diubah jadi lemak tubuh.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3


Simak Video "Bikin Laper: Cobain Menu Ayam Lemon Yuk!"
[Gambas:Video 20detik]

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com