Sembelit di Pagi Hari? Konsumsilah 5 Minuman Pelancar BAB Ini

Odilia WS - detikFood Selasa, 10 Nov 2020 06:00 WIB
Banana smoothie with oat in a jar on rustic wooden background. Foto: iStock
Jakarta -

Buang air besar merupakan ritual pagi banyak orang. Jika kamu sering mengalami sembelit, sebaiknya awali pagi dengan 5 minuman enak ini.

Banyak hal dilakukan orang untuk memperlancar BAB di pagi hari. Karena hal ini akan membuat perut lebih nyaman dan bisa menyerap nutrisi dari sarapan dengan baik.

Sayangnya banyak orang mengalami sembelit atau konstipasi. Menurut studi Gastroenterology, 15% penduduk dunia mengalami kesulitan Buang Air Besar (BAB).

Jika dibiarkan terlalu lama sembelit atau konstipasi bisa mempengaruhi kesehatan. Cara yang paling praktis untuk mengatasinya adalah minum banyak air putih agar tubuh tetap terhidrasi.

Namun takaran cukup untuk menghidrasi tubuh kurang jelas. Ada yang menyebut 3 liter atau 4 liter sehari. Makanan sendiri memberikan asupan 20% cairan yang dibutuhkan tubuh tiap hari.

Menurut rekomendasi livestrong (3/11) 5 minuman ini bisa menjadi dorongan alami untuk memperlancar BAB.

1. Kopi

Kopi dikenal ampuh untuk mendorong BAB terutama di pagi hari. Kafein pada kopi dalam merangsang jumlah asam dalam perut dan mendorong usu bergerak.

Karenanya banyak orang mengandalkan kopi sebagai pendorong untuk bisa buang air besar di pagi hari. Jenis kopi tanpa kafein juga memiliki efek yang sama.

Minum Kopi Hitam Bagus untuk Sarapan? Ini 5 FaktanyaMinuman Pelancar BAB. Foto: iStock

2. Air dengan chia seed

Minum banyak air putih bisa mendorong buang air besar. Tetapi jika ditambahkan chia seed akan menjadi dua kali lebih kuat. Chia seed umumnya dikonsumsi bersama smoothies sebagai menu sehat.

'Saat bangun tidur umumnya kita mengalami dehidrasi, karenanya dianjurkan minum segelas air saat bangun. Untuk menambah efek, tambahkan 1 sdt chia seed dalam air. Biarkan hingga mengembang lalu minum,' saran ahli pencernaan Amanda Sauceda, RDN, CLT.

Kurang asupan serat membuat orang sulit BAB. Sementara sebagian besar makanan mengandung serat tak larut. Sedangkan serat dalam chia seed merupakan jenis yang larut dalam air.

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Bikin Laper: Viral Nasi Babat yang Bikin Geger di Sidoarjo"
[Gambas:Video 20detik]

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com