Bapak-bapak, Agar Tak Cepat Loyo Terapkan 5 Pola Makan Sehat Ini

Odilia WS - detikFood Rabu, 04 Nov 2020 07:00 WIB
Pola makan sehat pria agar tak cepat loyo. Foto: iStock
Jakarta -

Cepat loyo dan kehabisan tenaga sering dirasakan pria meski baru beberapa jam bekerja. Bisa jadi karena pola makan yang kurang sehat.

Secara alami orang akan cenderung mengulang hal yang enak. Demikian juga dengan kebiasaan makan terutama pada pria. Hal ini dibuktikan melalui riset yang dilakukan Duke University. Menurut mereka 40% orang akan selalu mengulang kebiasaan yang enak.

Seiring dengan pertambahan usia para pria perlu mengubah pola makan menjadi lebih sehat. Perlu memilih makanan yang menyehatkan jantung, sedikit lemak dan mudah dicerna tubuh.

Tidak sulit membangun pola makan sehat, dilansir dari Etathis (20/10) pola makan sehat ini bisa dicontek oleh para pria. Agar lebih sehat, bertenaga dan mengurangi risiko penyakit serius.

1. Kurangi konsumsi daging merah

Pria tercatat lebih banyak konsumsi daging merah daripada wanita. Padahal konsumsi daging merah berlebihan bisa memicu penyakit jantung. Penyakit berkembang 10-15 tahun lebih cepat pada pria daripada wanita.

Menurut National of Institutes of Health Amerika, kebiasaan makan daging merah setiap hari meningkatkan 3 kali lipat risiko penyakit jantung. Karenanya asupan daging merah perlu dikontrol dengan baik.

Sebaiknya mulailah mengganti daging merah dengan ikan dan daging ayam atau sayur-sayuran. Tidak usah sekaligus, lakukan bertahap mengurangi makan daging merah. Misal tiap minggu sekali atau tiap kali makan hanya sepotong kecil saja.

Fruits and vegetablesPola makan sehat pria. Foto: iStock

2. Makan sayuran warna-warni

Sebagian besar pria kurang suka sayuran segar apalagi yang mentah. Padahal sayuran merupakan asupan wajib dalam menu harian. Karena tubuh memerlukan vitamin, mineral dan seratnya.

Selain brokoli, kol ungu disebut sebagai sayuran paling kaya antioksidan. Kol yang agak pahit ini juga kaya akan serat yang bisa menjadi pakan bakteri baik di dalam usus.

Warna-warni sayuran menunjukkan kekuatan kandungan nutrisinya. Seperti warna oranye menandakan kaya betakaroten dan vitamin C. Karena itu konsumsi sayuran warna-warni setiap hari.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3


Simak Video "Makan Enak dan Edukasi Manasik Haji di Kafe Al Baik"
[Gambas:Video 20detik]

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com