Ini Makanan Sehat untuk Diet Penurunan Berat Badan

Lusiana Mustinda - detikFood Rabu, 28 Okt 2020 08:00 WIB
Khasiat Minum Kopi Hitam di Pagi Hari Bisa Turunkan Berat Badan Foto: Getty Images/SolStock
Jakarta -

Dilansir dalam Medical News Today, penelitian yang dilakukan oleh para ilmuwan telah mengungkapkan bahwa beberapa makanan bisa berdampak pada nafsu makan. Pilihlah makanan sehat untuk diet yang tepat.

Pemilihan makanan sehat untuk diet bisa membantu menurunkan berat badan saat dimasukkan ke dalam diet dan pola makan sehat. Makanan yang menyediakan protein dan serat bisa sangat membantu untuk menjaga berat badan.

Salah satu studi menunjukkan bahwa beberapa makanan seperti buah-buahan, sayuran, kacang-kacangan, biji-bijian dan yogurt berhubungan dengan penurunan berat badan.

Meskipun makanan yang tepat dapat membantu, akan tetapi aktivitas fisik penting untuk memeriksakan diri ke dokter sebelum memulai program aktivitas fisik apapun.

Berikut beberapa makanan untuk diet yang murah untuk pemula:

1. Telur

Makanan sehat untuk diet yang murah salah satunya adalah telur. Dalam sebuah penelitian kecil terhadap 21 pria, peneliti membandingkan efek makan telur atau makan bagel untuk sarapan terhadap asupan makanan, rasa lapar dan kepuasan.

Mereka juga mengamati kadar gula darah, insulin dan ghrelin yang dikenal juga sebagai homon kelaparan.

Mereka menemukan bahwa pria yang makan sarapan telur makan lebih sedikit pada waktu makan berikutnya dan dalam 24 jam berikutnya dibandingkan mereka yang sarapan dengan bagel.

Mereka yang makan telur juga melaporkan merasa kurang lapar dan lebih kenyang 3 jam setelah sarapan dibandingkan dengan mereka yang makan bagel.

Setelah sarapan, kelompok telur juga mengalami lebih sedikit perubahan dalam gula darah dan kadar insulin, serta tingkat ghrelin yang lebih rendah daripada kelompok bagel.

Kesalahan Makan Oatmeal yang Bikin Berat Badan NaikKesalahan Makan Oatmeal yang Bikin Berat Badan Naik Foto: Getty Images/iStockphoto/Foxys_forest_manufacture

2. Oatmeal

Memulai hari dengan semangkuk oatmeal juga dapat menghasilkan timbangan yang lebih rendah.

Sebuah penelitian yang melibatkan 47 orang dewasa melihat perbedaan nafsu makan, kenyang dan asupan makanan berikutnya setelah peserta makan oatmeal.

Setelah makan oatmeal peserta merasa lebih kenyang dan kurang lapar dibandingkan setelah makan sereal. Selain itu, asupan kalori mereka saat makan siang lebih rendah setelah makan oatmeal dibandingkan setelah makan sereal saat sarapan.

Sementara kedua sarapan tersebut mengandung jumlah kalori yang sama. Hanya saja oatmeal menyediakan lebih banyak protein, serat dan lebih sedikit gula dibandingkan dengan sereal.

3. Kacang dan Lentil

Makanan sehat untuk diet kalori yang dapat dicoba adalah konsumsi lentil dan kacang-kacangan. Kelompok buncis, lentil, dan kacang polong dikenal sebagai kacang-kacangan. Mereka dapat mempengaruhi penurunan berat badan karena pengaruhnya terhadap rasa kenyang, serta kandungan protein dan seratnya.

Sama halnya dengan oatmeal, kacang-kacangan juga mengandung serat larut yang dapat memperlambat pencernaan dan penyerapan. Makan protein menyebabkan pelepasan hormon yang menandakan rasa kenyang.

Peneliti menganalisis studi yang mengamati efek konsumsi kacang-kacangan terhadap penurunan berat badan.

Diet penurunan berat badan yang mencakup kacang-kacangan menghasilkan penurunan berat badan yang jauh lebih besar daripada yang tidak.

Mix nuts (almonds, hazelnuts, walnuts)Mix nuts (almonds, hazelnuts, walnuts) Foto: dok.thinkstock

4. Kacang-kacangan


Sebuah studi yang melibatkan wanita kelebihan berat badan serta obesitas membandingkan diet penurunan berat badan yang dilengkapi dengan 50 gram almond sehari dengan diet penurunan berat badan yang tidak menyertakan kacang-kacangan.

Setelah 3 bulan, wanita dalam kelompok almond kehilangan berat badan secara signifikan lebih banyak daripada wanita dalam kelompok tanpa kacang.

Wanita dalam kelompok almond juga mengalami penurunan berat badan yang jauh lebih besar pada ukuran pinggang, indeks massa tubuh (IMT), kolesterol total, trigliserida dan gula darah.

Kacang mengandung protein dan serat yang dapat membantu menurunkan berat badan. Kacang juga mengandung lemak sehat yang baik untuk jantung.

5. Alpukat

Alpukat adalah salah satu makanan sehat untuk diet pemula yang enak. Buah ini memiliki serat dan lemak yang bermanfaat untuk menunjang penurunan berat badan.

Sebuah penelitian terhadap orang dewasa Amerika menemukan bahwa orang yang mengonsumsi alpukat memiliki berat badan lebih sedikit dan memiliki IMT lebih rendah daripada mereka yang tidak.

Orang yang makan alpukat cenderung makan lebih banyak buah, sayuran dan serat daripada orang yang tidak.

6. Buah Beri

Serat telah dikaitkan dengan manajemen berat badan dan buah beri cenderung menjadi salah satu buah berserat tinggi.

Satu cangkir raspberry atau blackberry menyediakan 8 gr serat. Buah beri bisa ditambahkan ke banyak makanan, seperti oatmeal, yogurt atau salad.


Bagaimana memilih makanan untuk menurunkan berat badan?

Daripada menggoreng, sebaiknya pilih makanan yang diolah dengan cara dipanggang. Protein tanpa lemak seperti kacang-kacangan, ayam, telur dan ikan bisa menjadi salah satu alternatif makanan untuk diet.



Simak Video "Minum Kopi Bisa Bantu Turunkan Berat Badan?"
[Gambas:Video 20detik]
(lus/erd)