Cara Mengatur Pola Makan Diet yang Tepat untuk Turunkan Berat Badan

Puti Yasmin - detikFood Selasa, 27 Okt 2020 15:00 WIB
Healthy lifestyle. Good life. Organic food. Vegetables. Close up portrait of happy cute beautiful young woman while she try tasty vegan salad in the kitchen at home. Foto: iStock/Cara Mengatur Pola Makan Diet yang Tepat untuk Turunkan Berat Badan
Jakarta -

Memiliki berat badan ideal menjadi idaman setiap orang. Salah satu langkahnya bisa dilakukan dengan cara mengatur pola makan diet yang tepat. Seperti apa?

Berat badan ideal memiliki banyak manfaat baik bagi tubuh, misalnya menurunkan risiko penyakit jantung, diabetes, kanker payudara, hingga meningkatkan kesuburan.

Berikut cara mengatur pola makan diet sehat menurunkan berat badan:

Jadwal Makan untuk Diet

Berdasarkan buku 'DEBM: Diet Enak, Bahagia, dan Menyenangkan' karya Robert Hendrik Liembono, jadwal menurunkan berat badan bisa dengan mengatur pola makan diet cepat.

Adapun, jadwalnya sarapan diet pada pukul 04.00 atau waktu bangun tidur dengan menggunakan nasi atau tidak, ayam/telur/ikan, alpukat/keju/sapi/kambing. Kemudian, makan siang di pukul 12.00 dengan sedikit karbohidrat.

Makan di waktu ini diutamakan mengonsumsi wortel dan protein. Selanjutnya ada waktu snack jika diperlukan di pukul 15.00 dengan mengonsumsi rendah karbo atau tidak sama sekali dan hanya konsumsi protein.

Kemudian, makan malam di waktu 18.00 dengan mengonsumsi sedikit karbo dan banyak protein. Terakhir adalah waktu snack jika diperlukan pukul 21.00 dengan konsumsi protein dan tidak sama sekali karbo.

Porsi Makan untuk Diet

Dikutip dari buku '58 QA Seputar Diet, Makanan, dan Suplemen' oleh Tim Dokteranda, porsi makan seseorang harus memenuhi gizi seimbang. Misalnya, dalam sekali makan, harus ada karbohidrat kompleks, protein nabati, hewani, dan lemak.

Untuk menurunkan berat badan, maka kurangi porsi makan dari yang biasa dikonsumsi. Selain itu, untuk menghindari rasa lapar bisa diakali dengan menambah porsi sayuran dan buah dalam konsumsi sehari-hari.

Sementara itu, makanan yang harus dihindari adalah, kerupuk, gula, kopi bergula, teh manis bergula, gorengan, rujak, makanan siap saji, soft drink, cake, cookies, brownies, cokelat bergula, keripik kentang.


Selamat mencoba cara mengatur pola makan diet!



Simak Video "Yellowfit Express, Resto Diet Fast Food Pertama di Indonesia"
[Gambas:Video 20detik]
(pay/erd)