5 Buah yang Cocok Untuk Diet Turunkan Berat Badan

Odilia WS - detikFood Jumat, 23 Okt 2020 07:00 WIB
makan buah saat puasa Foto: istimewa
Jakarta -

Semua buah segar menyehatkan dan kaya nutrisi yang diperlukan tubuh. Hanya saja ada beberapa jenis buah yang cocok untuk diet turunkan berat badan.

Dalam pola makan gizi seimbang, sayuran dan buah segar diandalkan sebagai sumber vitamin, mineral dan serat alami. Asupan nutrisi ini penting untuk menjaga tubuh tetap sehat.

Saat melakukan diet untuk menurunkan berat badan, pola makan tersebut tetap harus dijaga asupannya. Hanya saja total asupan kalori dikurangi sesuai dengan tujuan berdiet.

Semua buah segar baik dikonsumsi. Karena buah segar mengandung banyak vitamin, mineral, serat, karbohidrat dan protein. Tak ada buah yang buruk atau jelek nutrisinya. Hanya saja jenis buah dipilih yang cocok untuk mendukung penurunan berat badan. Apalagi banyak orang kurang suka konsumsi buah segar.

Dirangkum dari berbagai sumber dan livestrong (7/10), berikut ini 5 jenis buah yang cocok dikonsumsi saat berdiet turunkan berat badan.

1. Mangga


Saat ini sedang musim mangga. Berbagai jenis mangga dengan rasa manis legit hingga manis asam bisa didapat dengan harga terjangkau. Rasa manis alami buah ini bisa meredam keinginan ngemil manis saat turunkan berat badan.

Studi yang dilakukan tahun 2013 dipublikasikan di Journal of Nutrition & Food Sciences ditemukan bahwa mereka yang makan mangga mengasup gula lebih sedikit dan berat badannya berkurang. Peneliti memberi catatan bahwa mereka yang makan mangga punya skor makan sehat lebih tinggi. Termasuk mengasup serap, vitamin dan mineral.

Satu buah mangga ukuran sedang mengandung 99 kalori, 1.7 mg sodium, 277 mg, 25 g karbohidrat, 2.6 g serat, 23 g gula, dan 1.4 gram protein. Juga mengandung vitamin A, C, kalsium serta zat besi.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3


Simak Video "Bikin Laper: Kuliner Iga Sapi dengan Jengkol Pedas"
[Gambas:Video 20detik]