7 Buah dengan Kadar Gula Tinggi yang Perlu Dihindari Pelaku Diet

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Kamis, 22 Okt 2020 07:00 WIB
Ilustrasi wanita makan buah Foto: Getty Images/Eva-Katalin
Jakarta -

Buah dengan kadar gula tinggi ini sebaiknya tak dikonsumsi terlalu banyak oleh pelaku diet atau penderita diabetes. Apa saja daftarnya?

Buah pada umumnya mengandung karbohidrat berbentuk gula yang disebut fruktosa, namun secara umum gula pada buah aman dikonsumsi. Hal ini disampaikan ahli gizi Jansen Ongko, seperti dikutip dari detikhealth.

Baca Juga: Kandungan Gula Alami Pada Buah Juga Bisa Picu Diabetes dan Bikin Gemuk?

Ia mengatakan tidak ada batasan mengonsumsi buah-buahan untuk mereka yang sehat. Namun bagi penderita diabetes, beberapa buah tinggi gula sebaiknya tidak dikonsumsi karena bisa memicu kenaikan glukosa darah dengan cepat.

Pun untuk mereka yang sedang berjuang turunkan berat badan, buah dengan kadar gula tinggi sebaiknya tak terlalu banyak dikonsumsi. Lalu apa saja buah tinggi gula?

detikFood merangkum 7 daftar buah dengan kadar gula tinggi seperti dikutip dari Womens Health Mag (21/10):

1. Leci

Leci7 Buah dengan Kadar Gula Tinggi yang Perlu Dihindari Pelaku Diet Foto: iStock

Tiap satu cup (190 gram) buah leci segar mengandung 125 kalori dan 29 gram gula. Karenanya buah renyah manis ini sebaiknya tak dikonsumsi terlalu banyak.

Untuk zat gizi lainnya, leci mengandung sekitar 136 mg kalsium. Asupan ini memenuhi kebutuhan kalsium harian seseorang yang hanya 75 mg.

2. Mangga
Siapa tak suka mangga? Buah tropis ini rupanya termasuk buah dengan kadar gula tinggi. Sekitar 165 gram mangga mengandung 99 kalori dan 23 gram gula.

Tapi mangga punya banyak manfaat sehat lain, seperti tinggi vitamin A yang baik untuk kesehatan mata.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3