7 Buah yang Bagus untuk Diet, Semua Rasanya Enak

Lusiana Mustinda - detikFood Sabtu, 10 Okt 2020 06:00 WIB
delicious fruit and berry summer salad decorated with mint leaves on clay dish on cutting board with dessert forks, half of peach and slice of melon on rustic boards, view from above Foto: iStock
Jakarta -

Dalam hal diet menurunkan berat badan, tantangan besar bagi banyak orang adalah berhenti mengonsumsi makanan manis dan yang mengandung minyak. Salah satu pilihan yang tepat dan aman untuk dikonsumsi saat diet adalah buah. Buah yang bagus untuk diet sangat beragam, rasanya tentu dijamin enak.

U.S Department of Health and Human Services merekomendasikan agar Anda mengisi setengah piring Anda dengan buah dan sayuran untuk kesehatan yang optimal. Meski memiliki kalori, akan tetapi kandungannya dalam buah cenderung lebih kecil. Buah justru kaya akan serat yang sangat baik untuk membuat perut kenyang lebih lama. Kondisi ini jelas berkontribusi terhadap penurunan berat badan.

Berikut beberapa jenis buah yang bagus untuk diet rendah kalori:

1. Apel

Buah yang bagus untuk diet ketat ialah apel. Melansir dalam Everyday Health, Kristen Smith, RDN yang berbasis di Atlanta selaku juru bicara Academy of Nutrition and Dietetics sekaligus ahli gizi teregistrasi untuk Piedmont Healthcare mengatakan bahwa apel tinggi serat tapi rendah kalori.

"Makanan dengan peningkatan serat dapat membantu memperlambat pencernaan dan membuat Anda merasa kenyang lebih lama," ujar Smith. Untuk rasa kenyang dan asupan yang optimal juga nantinya akan berpengaruh pada kesehatan kulit yang lebih baik.

Satu buah apel mengandung 4,37 serat yang menawarkan 16 persen dari kebutuhan harian. Smith merekomendasikan apel untuk dikonsumsi dengan greek yogurt atau oatmeal.

2. Jeruk

Buah yang bagus untuk diet malam hari salah satunya adalah jeruk. Jeruk yang berukuran sedang menyediakan sekitar 3,14 gram serat. Akan tetapi hindari konsumsi jus jeruk dan makanlah jeruk dalam bentuk utuh atau dipotong-potong.

Selain itu, jeruk juga mengandung vitamin C yang menawarkan beberapa manfaat kesehatan seperti meningkatkan sistem kekebalan tubuh, membantu tubuh Anda membuat kolagen dan membantu penyerapan zat besi.

3. Mangga

Buah mangga memiliki tekstur yang lembut dan manis. Mangga menawarkan rasa manis dengan gula alami dan buah ini juga dapat membantu meningkatkan metabolisme dalam tubuh.

Sebuah studi kecil jangka pendek yang diterbitkan pada April tahun 2017 di The FASEB Journal menemukan bahwa mangga dapat membantu turunkan tekanan darah dan membantu regulasi gula darah yang keduanya berperan dalam metabolisme.

Dalam satu buah mangga mengandung serat sekitar 3,31 gram. Yang sangat baik untuk membantu turunkan berat badan jika dikonsumsi tanpa tambahan gula dan dimakan secara utuh atau dalam bentuk potongan.

4. Alpukat

Buah yang bagus untuk diet dan kulit ialah buah alpukat. Seperti tomat, Anda mungkin tidak menganggap alpukat sebagai buah. Namun buah alpukat ternyata memiliki peranan penting dalam menurunkan berat badan atau diet.

Asam lemak tak jenuh tunggal dan tak jenuh ganda dalam alpukat telah dikaitkan dengan kesehatan jantung yang lebih baik. Buah alpukat juga dapat meningkatkan tingkat rasa kenyang secara signifikan. Dalam satu buah alpukat mengandung serat sebanyak 4,55 gram.

5. Pisang

Buah yang bagus untuk diet adalah pisang. Buah pisang mengandung gula alami yang diterjemahkan menjadi karbohidrat.

Karbohidrat yang terkandung dalam pisang berupa serat pektin dan pati resisten. Keduanya dapat membantu mengatur gula darah.

Sebaiknya konsumsi pisang dalam keadaan segar dan setengah masak karena mengandung lebih banyak pati larut. Makan satu buah pisang dan sedikit air bisa memberi rasa kenyang, beri pasokan energi serta membantu pembakaran lemak lebih cepat.

6. Lemon

Kombinasi air jeruk lemon dan madu sangat cocok buat turunkan berat badan. Buah yang asam ini kaya akan riboflavin, vitamin B, mineral seperti fosfor dan magnesium dan tentu saja vitamin C. Untuk detoks, konsumsi air jeruk lemon dan sedikit madu setiap pagi.

7. Nanas

Selain mengandung vitamin C, nanas juga mengandung serat yang sangat baik bagi tubuh. Buah nanas mengandung antioksidan, enzim, mineral, vitamin dan juga air.

Nanas menjadi buah yang bagus untuk diet dan juga bisa meningkatkan sistem imun tubuh.



Simak Video "Masak Masak: Hilangkan Dahaga dengan Es Stik Buah"
[Gambas:Video 20detik]
(lus/pal)