7 Makanan Sehat untuk Diet Cepat Turunkan Berat Badan

Lusiana Mustinda - detikFood Kamis, 08 Okt 2020 12:30 WIB
Makanan sehat Foto: Shutterstock
Jakarta -

Konsumsi makanan sehat untuk diet jadi salah satu kunci sukses penurunan berat badan. Meskipun tidak ada makanan yang ajaib dapat langsung menurunkan berat badan, akan tetapi Anda perlu melakukannya secara bertahap.

Sebagian besar makanan yang dimasukkan sebagai bagian dari diet penurunan berat badan memiliki beberapa kesamaan yaitu tinggi serat dan rendah kalori.

Tak hanya rutin melakukan olahraga, konsumsi makanan sehat juga tak boleh ketinggalan. Keduanya sangat berhubungan untuk mewujudkan Anda mendapatkan tubuh yang ideal.

Berikut ini beberapa makanan sehat untuk diet yang dapat dikonsumsi setiap hari yang dilansir dalam Eating Well:

1. Alpukat

Buah alpukat kaya akan asam lemak tak jenuh tunggal, serat makanan, potasium dan fitokimia. Menurut studi di Nutrition Journal, orang yang makan alpukat cenderung memiliki IMT, berat badan dan lingkar pinggang yang lebih rendah daripada orang yang melewatkan makanan super hijau.

Meskipun alpukat lebih tinggi kalori daripada buah-buahan lainnya, akan tetapi kombinasi lemak sehat dan seratnya bisa membuat perut kenyang lebih lama sehingga dapat menurunkan berat badan. Buah alpukat bisa ditambahkan ke salad maupun sandwich.

2. Telur

Telur mengandung protein, lemak dan nutrisi penting yang berkualitas tinggi seperti vitamin D dan kolin. Telur dapat membuat kita berenergi setelah memakannya dan menunjang untuk penurunan berat badan.

Karena protein dapat meningkatkan rasa kenyang sekaligus mengatur hormon rasa lapar dan nafsu makan, membantu menahan rasa lapar hingga waktu siang. Salah satu studi menemukan bahwa makan telur saat sarapan bisa membuat rasa kenyang yang lebih lama dibandingkan roti.

3. Kacang-kacangan

Makanan sehat untuk diet alami adalah kacang-kacangan. Semua jenis kacang tinggi serat yang sangat baik untuk menunjang penurunan berat badan karena membantu Anda kenyang lebih lama. Konsumsi kacang-kacangan dan polong-polongan juga dikaitkan dengan berbagai manfaat kesehatan lainnya termasuk menurunkan tekanan darah, menurunkan kolesterol LDL dan mengurangi risiko penyakit kardiovaskular.

4. Yogurt

Yogurt mengandung protein dan probiotik yang baik untuk kesehatan usus dan membantu penurunan berat badan. Kesehatan usus Anda dapat memengaruhi berat badan dan makan lebih banyak serat serta probiotik dapat membantu menjaga bakteri usus tetap sehat.

Greek yogurt mengandung tinggi protein sehingga cocok dijadikan sebagai makanan sehat untuk diet. Bisa juga dicampur dengan buah segar.

5. Salmon

Salmon adalah sumber yang kaya akan protein berkualitas tinggi dan menyediakan banyak lemak "baik", asam lemak omega 3. Diet kaya asam lemak omega 3 ini dapat membantu orang merasa lebih puas ketika mereka sedang mengontrol kalori. Makan salmon dapat menjadi cara yang lezat untuk mendapatkan dua porsi konsumsi ikan sehat yang baik bagi jantung.

6. Buah

Buah mengandung gula alami yang dapat membantu turunkan berat badan. Buah segar juga bisa dijadikan sebagai pengganti camilan sehat yang mengandung serat dan antioksidan.

Sebuah studi baru-baru ini yang diterbitkan dalam Journal of Nutrition menemukan bahwa konsumsi buah yang lebih tinggi dikaitkan dengan risiko yang lebih rendah menjadi kelebihan berat badan atau obesitas, terlepas dari asupan sayuran atau serat meskipun memasukkan buah sebagai bagian dari diet sehat secara keseluruhan selalu merupakan strategi terbaik.

7. Almond

Makanan sehat untuk diet di pagi hari salah satunya bisa dengan almond. Almond merupakan sumber serat yang sangat baik dan kaya akan protein. Makanan dengan serat dan protein bisa membuat Anda lebih kenyang sehingga tidak tergoda dengan camilan tidak sehat di antara waktu makan.

Almond juga kaya akan vitamin E dan sumber lemak tak jenuh tunggal dan tak jenuh ganda yang menyehatkan jantung. Almond menjadi pilihan tepat untuk ditaburkan di atas salad atau buah.

Yuk, konsumsi makanan sehat untuk diet setiap hari agar berat badan tetap terjaga.



Simak Video "Masak Masak: Hilangkan Dahaga dengan Es Stik Buah"
[Gambas:Video 20detik]
(lus/pal)