5 Minuman Enak Ini Ampuh untuk Turunkan Tekanan Darah Tinggi

Odilia WS - detikFood Jumat, 16 Okt 2020 05:00 WIB
Smoothies bayam pisang untuk tekanan darah tinggi Foto: iStock
Jakarta -

Bagi penderita tekanan darah tinggi atau hipertensi, sebaiknya memulai hari dengan minuman yang berkhasiat turunkan tekanan darah. Enak dan bernutrisi.

Penderita tekanan darah tinggi umumnya memiliki tekanan sistolik di atas 140 mmHg dan tekanan diastolik 90-100nmmHg. Biasanya penderita tekanan darah tinggi dibantu dengan obat penurun tekanan darah.

Obat akan memberi pengaruh dalam jangka panjang. Karena itu cara terbaik adalah mengubah daya hidup lebih sehat. Termasuk mengonsumsi minuman menyehatkan saat sarapan. Ditambah dengan olah raga teratur.

Seperti kita ketahui buah dan sayur segar merupakan sumber vitamin, serat dan mineral yang dibutuhkan oleh tubuh. Tetapi ada beberapa jenis buah yang rendah sodium dan dapat menurunkan tekanan darah.

Dirangkum dari berbagai sumber minuman ini cocok diminum di pagi hari. Rasanya manis segar, kaya nutrisi dan bisa menurunkan tekanan darah tinggi, dari teh hingga jus buah.

1. Jus Nanas

Buah nanas yang manis segar sangat baik dikonsumsi penderita tekanan darah tinggi. Ini karena buah yang harum aromanya ini kaya akan potassium dan rendah sodium. Komposisi kedua mineral ini ampuh turunkan tekanan darah tinggi.

Satu gelas (250 ml) jus nanas mengandung 1 mg sodium dan 195 g potassium. Sebaiknya jus nanas rutin diminum tiap hari. Tidak perlu ditambahkan gula atau pemanis dan garam. Pilih nanas yang masak dan tua agar lebih banyak airnya.

Jus seledriMinuman untuk menurunkan tekanan darah. Foto: iStock

2. Jus Seledri

Seledri dikenal sebagai penakluk tekanan darah tinggi. Jus seledri mengandung phthalide yang memberi aroma dan rasa sayuran. Zat ini membantu otot di dinding pembuluh darah menjadi rileks.

Tekanan darah menurun saat pembuluh darah membesar dan memungkinkan darah mengalir lebih mudah dan lancar. Pilih seledri dengan batang besar, 2-4 batang perhari. Bisa dipadukan dengan jeruk, wortel dan apel.

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Masak Masak: Resep Tumis Pedas Tulang Muda Sapi"
[Gambas:Video 20detik]